Data IPCC: Bongkar Muat Mobil Turun Drastis pada April Karena Covid-19

Reporter: Petrus Dabu
0
64

Bongkar muat CBU di terminal PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk (IPCC) turun pada April 2020/IPCC

Berkurangnya aktivitas pabrikan otomotif seiring dengan adanya pembatasan kegiatan yang digalakan pemerintah berpengaruh terhadap jumlah produksi hingga pengiriman kendaraan.

Kondisi ini pun turut mempengaruhi bongkar muat kendaraan di terminal PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk (IPCC). Jumlah kendaraan Complete Built Up (CBU) yang ditangani di Terminal Internasional IPCC mengalami penurunan 41,17% (yoy) pada bulan April 2020 menjadi 14.470 unit dari bulan yang sama di tahun lalu sebesar 24.597 unit.

Adapun dari jumlah tersebut, sebanyak 3.348 unit dari impor (turun 28,39 % yoy) dan ekspor sebanyak 11.122 unit (turun 44,17% yoy).

Tidak hanya Terminal Internasional, pada Terminal Domestik pun juga turut merasakan hal yang sama. Kegiatan bongkar muat kendaraan CBU di bulan April sebesar 3.924 unit, turun 17,34% yoy, dibandingkan April 2019.

Meski secara yoy di bulan April 2020 tercatat turun drastis, namun jika dihitung secara akumulasi maka masih tercatat naik untuk sejumlah kegiatan pada beberapa segmen yang ditangani di Terminal IPCC.

Pada kendaraan CBU, kenaikan terjadi pada kegiatan ekspor yang secara akumulasi berjumlah 89.790 unit sepanjang 4 bulan di tahun ini atau naik 3,24% dibandingkan periode yang sama di tahun lalu.

Baca Juga :   Ada Coronavirus, Ekspor Kendaraan Melalui Terminal IPCC Masih Naik 17,17%

Pada Terminal Domestik secara akumulasi sepanjang 4 bulan pertama tahun ini juga tercatat ada peningkatan. Pada segmen CBU, tercatat naik 105,98% menjadi 48.445 unit dari 23.519 unit di periode yang sama di tahun lalu.

“Meski terlihat terjadi penurunan di sejumlah segmen namun, layanan bongkar muat kendaraan terutama CBU masih berjalan normal. Dengan tetap beroperasi, IPCC mendukung ketersediaan layanan bongkar muat maupun pengantaran kendaraan, baik dari luar pulau maupun luar negeri. Namun demikian, dari sisi internal tidak hanya menjaga agar tetap beroperasinya layanan, namun juga tetap memperhatikan prosedur operasional bongkar muat di pelabuhan dengan prosedur disinfeksi untuk memberikan pelayanan kenyamanan bagi pengguna,” ujar Sofyan Gumelar dalam siaran pers, Jumat (22/5).

Leave a reply