Tokopedia Bekukan Akun Penjual yang Bandrol Harga Tidak Wajar

Reporter: Leo Farhan
0
83

Ilustrasi Tokopedia/detik.com

Tokopedia membekukan dan menutup seluruh toko online yang membandrol harga tinggi alat kesehatan dan bahan pokok. Tindakan tersebut sebagai bentuk penegasan kepada toko online yang masih mencoba untuk mencari keuntungan tidak wajar di tengah wabah Covid-19.

“Adanya harga, judul, dan deskripsi yang tidak sesuai dan terbukti melanggar atas produk kesehatan yang dijual di Tokopedia. Kami putuskan untuk menutup permanen ribuan toko online dan melarang tayang puluhan ribu produk,” kata Vice President of Corporate Communications Tokopedia Nuraini Razak dalam keterangan tertulis pada Senin (23/3/2020).

Tokopedia juga berinisiatif memotong biaya layanan 100%  terhadap penjual di kategori produk kesehatan dan kebutuhan pokok lain. Tokopedia berharap langkah tersebut dapat mendorong penjual agar selalu memastikan ketersediaan produk dan menjaga harga agar tetap stabil.

Sebelumnya, startup unicorn ini memberikan bebas ongkos kirim (ongkir). Kebijakan ini untuk mendorong masyarakat tidak keluar dari rumah seperti imbauan dari pemerintah daerah maupun pemerintah pusat.

Selain itu, Nuraini juga menyampaikan Tokopedia mencatatkan peningkatan transaksi di tengah pandemi Covic-19. Transaksi tersebut didominasi oleh pembelian produk kesehatan dan kebutuhan pokok. Adapun barang yang paling banyak dicari antara lain berbagai jenis masker mulut, cairan antiseptik atau hand sanitizer, hingga camilan sehat.

Baca Juga :   Dapat Pendanaan Seri F Dari Shinhan GIB, Valuasi Bukalapak Lampaui US$2,5M

“Data internal kita menunjukkan, bahwa kenaikan transaksi di produk kesehatan dan kebutuhan pokok lain semenjak pandemi Covid-19 muncul di Indonesia,” ujar Nuraini.

Leave a reply