Grand Prix MotoGP Batal Digelar Jepang pada Oktober

Reporter: Antara
0
70

Foto udara Sirkuit Twin Ring Motegi Jepang/AntaraFoto udara Sirkuit Twin Ring Motegi Jepang/Antara

Grand Prix Jepang terpaksa dibatalkan dari kalender MotoGP tahun ini karena pandemi virus corona, demikian penyelenggara pada Senin (01/06/2020). Sirkuit Twin Ring Motegi, yang telah ada di kalender MotoGP sejak 1999, seharusnya menggelar balapan kandang bagi tim Honda, Yamaha dan Suzuki itu pada 18 Oktober mendatang.

“Situasi di Jepang dan Eropa tak bisa diprediksi dan akan ada perpanjangan larangan perjalanan. Sebagai hasil diskusi dengan Dorna… kami sepakat jika kami tak punya pilihan selain membatalkan GP Jepang,” demikian kata President Mobilityland Corporation Kaoru Tanaka seperti dikutip laman resmi MotoGP.

Dengan keputusan itu maka Jepang akan absen dari kalender MotoGP untuk pertama kalinya sejak 1986. Sementara, itu CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta menyatakan jika MotoGP sedang bekerja keras untuk bisa memulai kembali musim balapan dan menggelar sebanyak mungkin ajang, dan dengan cara paling aman.

Oleh karena alasan ini, FIM dan Dorna, dalam konsultasi bersama IRTA dan MSMA, telah memutuskan jika hingga pertengahan November, MotoGP akan tetap di Eropa untuk menggelar sebanyak mungkin ajang di benua itu, kata Ezpeleta.

Baca Juga :   Ekspor Cangkang Kelapa Sawit ke Jepang Berpotensi Naik, Inilah Alasannya

“Ajang di luar wilayah, jika memungkinkan semua, akan dijadwalkan setelah pertengahan November, yang akan terlalu terlambat di tahun ini bagi Motul Grand Prix Jepang untuk digelar,” kata dia.

Musim balapan MotoGP terpaksa tertunda karena krisis kesehatan global tahun ini, namun penyelenggara berharap bisa memulai musim kompetisi pada Juli nanti di Jerez, Spanyol, meski tanpa penonton.

Leave a reply