Proyek KCJB Akan Rampung di 2022 dan Diteruskan hingga Surabaya

Reporter: Yehezkiel Sitinjak
0
66

Menteri BUMN Erick Thohir/The Iconomics

Proyek Strategis Nasional (PSN) Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) akan tetap berjalan sesuai perencanaan awal. Karena itu, tenggat waktu penyelesaian proyek ini tetap dipertahankan pada September 2022.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan hal tersebut setelah menghadiri rapat terbatas dengan Presiden RI Joko Widodo dan anggota kabinet lainnya. Dalam rapat terbatas tersebut, Erick mengakui telah mendapat persetujuan dari Jokowi untuk meneruskan proyek KCJB hingga Surabaya.

“Mengenai kereta cepat Jakarta-Bandung, Presiden Jokowi malah setuju disambungkan Jakarta-Bandung-Surabaya. Supaya lebih visible,” kata Erick saat menghadiri webinar di Jakarta, Jumat (29/5).

Dalam kondisi pandemi saat ini, kata Erick, pemerintah tetap memikirkan bagaimana caranya membuka lapangan kerja lebih luas lagi. Karena itu, Jokowi mengatakan kepada para anggota kabinet bahwa mayoritas dari PSN akan tetap berjalan.

Sebagai informasi, proyek kereta cepat ini merupakan proyek patungan Indonesia-Tiongkok. Nilai investasinya mencapai Rp 66,775 triliun. Proyek kereta cepat ini pertama kali dicetuskan pada akhir 2015 dan dijalankan berdasarkan Perpres Nomor 3 tahun 2016.

Baca Juga :   Corona Mengancam, Telkomsel Bagi-bagi 30 GB untuk 30 Hari

Proyek kereta cepat tersebut kembali masuk dalam daftar PSN pada Perpres Nomor 58 tahun 2017. Keputusannya, proyek ini kembali dimasukkan sebagai salah satu dari 89 PSN lainnya untuk dijalankan di tengah pandemi.

 

Leave a reply