Transformasi BUMN, Menteri Erick Thohir Hadirkan Logo dan Semangat Baru

Reporter: Yehezkiel Sitinjak
0
225

Menteri BUMN Erick Thohir/Dokumentasi Kementerian BUMN

Menteri BUMN Erick Thohir melanjutkan transformasi birokrasi dalam Kementerian BUMN dengan menghadirkan logo baru. Di situ Erick juga menanamkan “AKHLAK” sebagai core values organisasi.

Langkah Erick tersebut merupakan bagian dari komitmennya menjalankan proses reformasi birokrasi di BUMN. Juga termasuk perampingan struktur organisasi, klusterisasi BUMN berdasarkan ekosistem berbasis value chain serta langkah-langkah lainnya untuk meningkatkan efisiensi, tata kelola baik (GCG) dan penetapan indikator tolak ukur kinerja (KPI) yang jelas.

“Dengan logo ini kita berharap transformasi yang kita sepakati bersama-sama harus dijalankan dengan baik. Dan saya sebagai pimpinan akan terdepan mendukung melakukan transformasi karena ini bagian dari komitmen kami semua,” kata Erick ketika memberi sambutan di acara “Semangat Baru BUMN 2020” secara virtual, Rabu (1/7).

Erick mengatakan, ini desain baru yang mengadopsi unsur modernitas, visual baru ini melambangkan fakta bagaimana 62% dari populasi merupakan generasi muda, sehingga pengangkatan direksi dari generasi milenial akan menjadi bagian dari transformasi pada BUMN.

Erick juga menetapkan “AKHLAK” yang merupakan singkatan dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif sebagai core values organisasi. Hingga saat ini terdapat 53 kasus hukum yang menyangkut perusahaan berpelat merah. Dengan “AKHLAK” sebagai pedoman, kejadian tersebut akan terhindari dan tidak terulang lagi.

Baca Juga :   Menteri Erick Thohir Targetkan Laba BUMN Rp300 Triliun, Ini Strateginya

Erick mengingatkan kondisi pandemi Covid-19 telah memaksakan BUMN untuk mempercepat transformasi, dan dengan penetapan lambang dan nilai baru tersebut, diharapkan dapat menguatkan BUMN sebagai penggerak sepertiga ekonomi nasional untuk dapat menghadapi tantangan dan perubahan yang akan melanda ke depannya.

 

Leave a reply