Lewat SATU Indonesia Awards ke-11, Astra Cari Milenial Terbaik Indonesia

Reporter: Leo Farhan
0
215

Peluncuran “SATU Indonesia Awards” yang ke-11 di Jakarta, Senin (2/3)/The Iconomics

Astra International menggelar SATU (Semangat Astra Terpadu Untuk) Indonesia Award sebagai bentuk penghargaan dan apresiasi kepada kepada generasi muda Indonesia. Gelaran kali ini merupakan yang ke-11 dan para penerima penghargaan dipilih berdasarkan 5 bidang: lingkungan, teknologi, pendidikan, kewirausahaan dan kesehatan.

Pada penghargaan kali ini, Astra International memilih Dian Sastrowardoyo, aktris yang populer lewat film Ada Apa dengan Cinta sebagai salah satu jurinya. Sebelumnya, Dian Sastro pernah menjadi juri tamu dalam ajang penghargaan tersebut.

Ketika dipilih menjadi juri tetap pada tahun ini, Dian Sastro mengaku senang sekali. Dengan menjadi juri tetap dalam ajang ini, Dian Sastro berharap bisa lebih banyak belajar dari calon penerima penghargaan tahun ini.

“Semoga saya bisa banyak belajar dari calon penerima penghargaan tahun ini,” kata Dian Sastro saat peluncuran “SATU Indonesia Awards” yang ke-11, Jakarta, Senin (2/3).

Sementara itu, Head of Corporate Communication Astra International Boy Kelana menuturkan, mekanisme pemilihan berawal dari menjaring 60 orang calon penerima penghargaan. Selanjutnya, dilakukan seleksi hingga terpilih 24 orang.

Baca Juga :   Hipmi Siap Sumbang 100 Nama Calon Konglomerat Baru ke Jokowi

Dari tahap tersebut, juri akan menyaringnya menjadi 12 orang melalui pemeriksaan lapangan. “Sehabis itu diseleksi lagi, baru dipilih siapa yang layak buat jadi pemenang,” kata Boy.

Dikatakan Boy, pemeriksaan lapangan akan dilakukan tim yang kompeten di bidangnya. Lalu, juri akan mengkonfirmasi seberapa besar kontribusi para calon penerima penghargaan di tiap-tiap daerah mereka. “Jadi nanti kita cek di lapangan, tim kita akan tanyakan kepada kepala daerah atau yang setingkat, apakah mereka berkontribusi di daerahnya atau tidak, kira-kira seperti itu,” kata Boy.

Sebelumnya, gelaran yang sama tahun lalu jumlah pendaftarnya mencapai 8.654 peserta. Jumlah ini naik 45,17% dari 2018 yang mencapai 5.961 pendaftar. Untuk tahun ini, Boy berharap jumlah pendaftar bisa mencapai 9.000 peserta

SATU Indonesia Awards setidaknya telah mengapresiasi 305 anak muda di seluruh Indonesia, yang terdiri atas 59 penerima tingkat nasional dan 246 penerima tingkat provinsi. Anak-anak muda tersebut mewakili bidang-bidang yang telah ditentukan oleh Astra.

Juri SATU Indonesia Awards 2020 terdiri dari orang-orang yang kompeten dan ahli di bidangnya. Selain Dian Sastro dan Boy, ada dosen senior Prof. Nila Moeloek, dosen senior Prof. Emil Salim, Co Founder IBEKA Tri Mumpuni dan lain-lain.

Leave a reply