Menteri Perindustrian Apresiasi Blibli Karena Banyak Menjual Produk Buatan Dalam Negeri

Reporter: Petrus Dabu
0
106

CEO Blibli, Kusumo Martanto/berwirausaha.net

Platform e-commerce Blibli.com diapresiasi Menteri Perindustrian karena banyak memasarkan produk buatan dalam negeri. Terbaru, perusahaan teknologi digital ini membuka official store ‘Galeri Mesin Lokal’ untuk menampung produk-produk hasil produksi Industri Kecil dan Menengah (IKM) Indonesia.

Galeri Mesin Lokal di Blibli ini secara resmi dibuka oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita bersamaan dengan pembukaan Festival Virtual Bangga Mesin Buatan Indonesia (BMBIfest) di Jakarta, (15/09).

“Khusus untuk Blibli ini saya ingin memberikan apresiasi karena dalam daftar kami, Blibli merupakan platform digital e-commerce yang paling banyak rasionya menjual produk-produk dalam negeri. Saya memberikan apresiasi, mungkin ke depannya Blibli bisa memperbanyak produk-produk di dalam negeri untuk bisa dipenetrasikan ke market,” ujar Agus Gumiwang.

Agus mengatakan ‘Galeri Mesin Lokal’ yang menampung produk-produk peralatan dan mesin dari IKM binaan Kementerian Perindustrian, diharapkan dapat mempermudah pelaku usaha menemukan IKM atau produk-produk IKM yang memproduksi peralatan atau permesinan lokal.

“Dengan hadirnya Galeri Mesin Lokal diharpakan IKM peralatan dan permesinan di Indonesia memasuki tren bisnis digital yang berdampak pada perluasan pemasaran dan jaringan IKM melalui teknologi digital,” ujar Agus.

Baca Juga :   Perusahaan Startups, Masuklah Sektor E-Commerce Indonesia

Agus mengungkapkan berdasarkan data statistik e-commerce 2019 yang telah dipublikasikan oleh BPS, kinerja sektor industri dalam e-comerce sepanjang tahun 2018 menghasilkan nilai transaksi Rp3,39 triliun yang merupakan sektor usaha terbesar kedua penyumbang transaksi e-commerce.

Hal ini menunjukkan adanya kebutuhan masyarakat terhadap produk-produk industri di platform-platform digital e-commerce. Karena itu, tambahnya pemanfaatan teknologi digital untuk industri menjadi prioritas Kementerian Perindustrian sesuai dengan peta jalan making Indonesia 4.0.

“Festival virtual ini salah satu bentuk tindak lanjut dari program e-smart IKM sebagai sebuah pengalaman digital baik untuk IKM maupun pengunjung digital dalam memanfaatkan pemasaran online. Kami harap Galeri Mesin Lokal ini dapat menjadi salah satu rujukan pelaku bisnis dalam mencari permesinan dan peralatan,” ujarnya.

CEO Blibli, Kusumo Martanto mengatakan Blibli sudah melakukan sejumlah inisiatif untuk mendukung pemasaran produk buatan dalam negeri sejak enam tahun lalu. “Karena kami perusahaan teknologi atau perusahaan perusahaan e-commerce yang berbasis teknologi,  ini merupakan obligasi kami untuk menjadi enabler dimana Blibli ini akan terus berkomitmen, tentu salah satunya hari ini dengan Galeri Mesin Lokal,” ujar Kusumo.

Baca Juga :   Kolaborasi TaniHub dan Pertani Bentuk Ekosistem Beras

“Sebelumnya kita sudah ada Galeri Indonesia untuk Produk UKM, kemudian setiap tahun kita membuat lomba atau sayembara untuk para UKM. Kami harapkan ini menjadi transformasi yang dilakukan secara bersama-sama menuju industri 4.0,” tambahnya.

Leave a reply