UOB Luncurkan Platform Bank Digital TMRW untuk Pasar Milenial

Reporter: Yehezkiel Sitinjak
0
290

Ilustrasi layanan digital banking dari UOB Indonesia

PT Bank UOB Indonesia (Bank UOB) meluncurkan platform bank digital TMRW dalam upaya masuk ke pasar milenial dan underbanked di Indonesia. Platform tersebut dilengkapi fitur kecerdasan buatan (AI) dan tim analisis serta kategorisasi data.

Platform TMRW fokus memposisikan UOB sebagai “Engagement Digital Bank” yang mampu memberikan pengalaman digital yang sangat cepat, mudah dan transparan. Juga mampu memberikan saran kepada nasabah untuk membangun kebiasaan menabung dan menghemat.

Direktur Utama UOB Indonesia Kevin Lam mengatakan, penggunaan data yang dihimpun dari digital bank akan mendorong perubahan yang belum pernah dirasakan sebelumnya. Itu bisa dilihat dari munculnya model bisnis baru Acquire Transact Generate Data Insight dan Engage.

“Fokus pada penggunaan data digital bank akan mendorong perubahan yang belum pernah dirasakan sebelumnya secara global, akselerasi semakin cepat dengan hadirnya kapabilitas terbaru. Peluang terbuka luas bagi institusi perbankan progresif, fintech, dan raksasa teknologi,” kata Kevin saat telekonferensi pers secara virtual, Jakarta, Senin (3/8).

Kevin menambahkan, untuk Asia Tenggara, hampir 50% dari total populasi 400 juta orang masih tergolong unbanked, dengan 24% masih tergolong underbanked. Sementara untuk Indonesia sekitar 66% dari total populasi Indonesia berada di rentang usia 16 tahun hingga 64 tahun dengan usia median dari total populasi sekitar 29,7 tahun dan tingkat kepemilikan smartphone sekitar 94% dalam rentang usia ini.

Baca Juga :   Meikarta Optimistis Penjualan Naik 25% di 2020

“Berdasarkan usia dan jumlah penggunaan smartphone di seluruh Indonesia, TMRW menargetkan segmen profesional muda dan keluarga profesional muda, di rentang usia 25 tahun hingga 39 tahun,” kata Kevin.

Karena itu, digital bank TMRW disiapkan untuk memenuhi segala ekspektasi dan keinginan kalangan milenial yang menginginkan layanan lebih mudah untuk diakses, mengerti kebutuhan nasabah, menyediakan layanan yang sesuai kebutuhannya, dan meng-engage dengan nasabah setiap saat.

“Mereka mau different solutions. Jadi tujuan kita safe and spend better dengan memberikan akses setiap saat seperti banking, chatting, cari solusi. Dan kita berkembang bersama mereka, constantly belajar supaya kita bisa buat personalised pengalaman untuk nasabah kita,” tambah Kevin.

Di kesempatan itu, Director Digital Bank Head UOB Indonesia Fajar Septandri Maharjaya mengatakan, melalui pemanfaatan teknologi terkini, proses onboarding nasabah melalui platform dapat dilakukan sepenuhnya secara digital dan hanya membutuhkan waktu 9 menit.

Selain itu, TMRW juga menghadirkan aspek gameification terhadap aktivitas menabung dengan “City of TMRW” di mana nasabah yang semakin rajin menabung akan dapat membangun kota virtual mereka menjadi lebih besar dan indah. Dengan fitur ini, kata Fajar, akan sangat membantu dalam membuat menabung semakin seru dan menarik bagi nasabah.

Baca Juga :   Dompet Dhuafa Rangkul Peternak Milenial Kembangkan Domba dan Kambing

Aplikasi TMRW, kata Fajar, juga dilengkapi dengan kapabilitas pembayaran melalui quick response code (QR Code) di mana nasabah TMRW dapat membayar secara QR di seluruh merchant yang menggunakan kode QR dengan standar QR Indonesian Standard (QRIS) atau GPN.

Dengan itu, nasabah tidak perlu melakukan top-up terhadap aplikasi dompet digital lainnya untuk membayar secara QR, namun justru dapat dilakukan langsung melalui saldo rekening nasabah dengan fitur QR milik TMRW.

“Hal ini juga mendukung gerakan non-tunai yang dicanangkan pemerintah maupun Bank Indonesia dan sesuai kondisi saat ini dimana kita harus beradaptasi dengan new normal, dimana digalakkan pembayaran secara contactless,” kata Fajar.

 

 

Leave a reply