ITDC Siapkan Protokol untuk Skenario New Normal

0
98

Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer/ITDCDirektur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer/ITDC

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) tengah menyelesaikan serangkaian protokol khusus untuk memulai skenario new normal sesuai surat Menteri BUMN Nomor S-336/MBU/05/2020.

ITDC telah membentuk Task Force Recovery The New Normal yang bertugas menyusun protokol khusus tersebut, untuk melindungi dan mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19) bagi pegawai, mitra bisnis, wisatawan dan pengunjung kawasan, serta para pemangku kepentingan lain di masa new normal.

Menurut Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer, protokol tersebut merupakan kelanjutan dari penerapan protokol kesehatan yang sudah dilakukan ITDC di lingkungan kantor dan kawasan pariwisata yang dikelola Perusahaan selama ini.

“ITDC siap menjalankan arahan Kementerian BUMN terkait skenario the new normal ini karena arahan tersebut sejalan dengan langkah-langkah antisipasi dan protokol pencegahan Covid-19 yang telah diterapkan ITDC sejak Maret lalu,” kata Abdulbar dalam siaran pers tertulis.

Perusahaan menerapkan kebijakan work from home bagi sebagian besar karyawan, namun sebagian karyawan yang lain tetap bekerja di lapangan yaitu di proyek konstruksi, khususnya di kawasan The Mandalika.  Sejumlah protokol kesehatan yang ketat telah ditetapkan ITDC dalam pengerjaan proyek konstruksi tersebut, antara lain menjaga sanitasi dan tingkat higienitas lingkungan, penyemprotan disinfektan di barak dan gedung setiap satu minggu sekali, pemeriksaan suhu tubuh dan menggunakan hand sanitizer sebelum masuk area kerja, membiasakan mencuci tangan, penggunaan APD serta penerapan physical distancing.

Baca Juga :   Sambut New Normal, Ini Skenario yang Disiapkan BRI Syariah

Menurut Direktur Konstruksi dan Operasi ITDC Ngurah Wirawan, terus bergulirnya proyek konstruksi di The Mandalika memasuki masa new normal, maka protokol kerja bagi keselamatan karyawan dan mitra usaha seperti kontraktor dan pemasok di lokasi-lokasi proyek menjadi salah satu prioritas bagi ITDC. Untuk itu, ITDC akan menerapkan standar operating procedure atau protokol kerja baru tidak hanya untuk pengerjaan proyek konstruksi tapi juga untuk keseluruhan operasionalisasi kawasan, mengingat lokasi-lokasi proyek tersebut terletak di dalam kawasan.

Leave a reply