Kementerian Pertanian Realokasi Anggaran Rp700 Miliar untuk Lawan Covid-19

Reporter: Antara
0
56

Lahan pertanian padi/PertaniangoidLahan pertanian padi/Pertaniangoid

Kementerian Pertanian melakukan realokasi anggaran belanja perjalanan dinas, rapat dan pertemuan sebesar Rp700 miliar untuk kegiatan pencegahan penyebaran Covid-19.

Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian Momon Rusmono menjelaskan refocussing kegiatan dan realokasi anggaran akan digunakan untuk mendukung ketersediaan pangan, seperti pengembangan pasar tani dan kegiatan padat karya, di tengah merebaknya pandemi Covid-19 di Indonesia.

“Rencana kegiatan realokasi dan refocussing tersebut sekitar Rp700 miliar. Untuk realokasi anggaran sedang proses, dan kegiatan sesegera mungkin dilaksanakan,” kata Momon saat dihubungi Antara di Jakarta, kemarin (25/03/2020).

Momon menjelaskan saat ini kegiatan pasar tani sudah mulai berjalan di bawah Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian. Pasar atau toko tani ini akan menyediakan bahan pangan pokok dengan harga normal sesuai harga acuan.

Sementara itu, Kementan juga memperkuat kegiatan padat karya sektor pertanian bagi para petani. Kementan sendiri sudah lama menjalankan program padat karya, yakni kegiatan produktif yang dilaksanakan dalam rangka memberikan kesempatan kerja dan menambah penghasilan bagi penganggur dan setengah menganggur pada saat musim sepi panen/kerja.

Halaman Berikutnya
1 2

Leave a reply