Ketua dan Anggota Komisioner LPS Sudah Dilantik, Harapan Baru Sudah Menunggu

Reporter: Arif Hatta, Petrus Dabu dan Yehezkiel Sitinjak
0
137

Ketua LPS Purbaya Yudhi Sadewa saat pelantikan menjadi Ketua LPS pada Rabu (23/09/2020) di Astana Negara/ Ist

Purbaya Yudhi Sadewa resmi dilantik menjadi Ketua Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) pada Rabu (23/09/2020) menggantikan Halim Alamsjah. Dalam kondisi perekonomian yang semakin menantang, LPS sebagai lembaga yang didorong untuk melakukan penguatan kelembagaan.

Belum lama ini, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan selama ini LPS berfungsi hanya sebagai loss minimizer. Sekarang, menurutnya, LPS perlu menjadi lebaga risk minimizer.  “Dalam hal ini perlu adanya mandat LPS untuk bisa melakukan early intervention atau intervensi dini termasuk dalam bentuk penempatan dana,” ujarnya.

Perhatian untuk melakukan penguatan di LPS juga terlontar dari pelaku perbankan. Ketua Bidang Pengkajian dan Pengembangan Perbanas Aviliani pernah menyatakan perlunyamerevisi UU LPS untuk memperluas kewenangan lembaga tersebut dalam membantu dan menangani bank yang mulai bermasalah. Saat ini LPS hanya boleh menangani bank yang sudah gagal.

“Kalau perlu ada aturan yang diperbaiki mungkin seharusnya LPS. Karena di dalam UU LPS ini dikatakan kalau bank sudah gagal baru ditangani. Menurut saya justru ini cost-nya lebih mahal. LPS itu bisa dimasukkan ketika bank bermasalah, mungkin aset bagusnya diambil oleh investor, aset jeleknya diurus LPS,” kata Aviliani belum lama ini.

Baca Juga :   BCA Ajak Nasabah Segera Aktifkan PIN Kartu Kredit

Pelantikan jajaran komisioner LPS yang baru kiranya bisa menjadi energi baru.  Kemarin, ketua dan anggota dewan komisioner LPS mengucapkan sumpah di hadapan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta.Dalam acara pengucapan sumpah Ketua dan Anggota Dewan Komisioner tersebut juga dibacakan Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 58/M Tahun 2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Ketua Dewan Komisioner LPS.

Berdasarkan Keppres tersebut, Presiden memberhentikan dengan hormat Halim Alamsyah sebagai Anggota merangkap Ketua Dewan Komisioner serta memberhentikan Didik Madiyono, Luky Alfirman, dan Erwin Rijanto sebagai Anggota Dewan Komisioner.

Menurut Sekretaris Lembaga LPS Muhamad Yusron, Presiden mengangkat Purbaya Yudhi Sadewa sebagai Anggota merangkap Ketua Dewan Komisioner serta mengangkat Didik Madiyono, Luky Alfirman, dan Destry Damayanti sebagai Anggota Dewan Komisioner, untuk masa jabatan 5 tahun.

Adapun susuan anggota Dewan Komisioner LPS periode 5 tahun ke depan adalah Purbaya Yudhi Sadewa sebagai anggota yang merangkap ketua LPS, Lana Soelistianingsih sebagai anggota merangkap kepala eksekutif, Didik Madiyono sebagai anggota, Luky Alfirman sebagai anggota ex-officio Kementerian Keuangan, Destry Damayanti sebagai anggota ex-officio Bank Indonesia, dan Heru Kristiyana sebagai anggota ex-officio OJK.

Leave a reply