Dari Yogyakarta untuk Dunia: 25 Kontainer Senilai Rp10,68 Miliar Meluncur ke AS dan Eropa

0
103

Pelepasan ekspor dari Yogyakarta oleh Menteri Perdagangan Agus Suparmanto/Dok. KemendagPelepasan ekspor dari Yogyakarta oleh Menteri Perdagangan Agus Suparmanto/Dok. Kemendag

Sebanyak 25 kontainer dikirim oleh 8 eksportir Yogyakarta ke Amerika dan Eropa di Jogja Expo Center (JEC), Daerah Istimewa Yogyakarta. Nilai ekspornya sebesar Rp10,68 miliar

“Pelepasan 25 kontainer dari 8 eksportir Yogyakarta senilai Rp10,68 miliar ke pasar Amerika dan Eropa ini membuktikan bahwa produk-produk buatan dalam negeri berkualitas tinggi dan mampu bersaing di pasar internasional. Selain itu, pelepasan ekspor ini menunjukkan produk Indonesia mampu bertahan di tengah pandemi dan pelambatan ekonomi global,” kata Menteri Perdagangan Agus Suparmanto dalam siaran pers.

Mendag Agus menyebutkan, 25 kontainer akan dikirimkan dalam 2 tahap. Tahap pertama, pada hari Jumat (16/10/2020) terdiri dari 4 kontainer produk pakaian dalam dan pakaian olahraga wanita dari PT Busana Remaja Agracipta diekspor ke Amerika Serikat (AS), 1 kontainer produk dekorasi rumah dari

CV Palem Craft diekspor ke Belgia, 1 kontainer produk furnitur dari Aurum Furniture diekspor ke Prancis, 1 kontainer konsolidasi produk eksterior luar ruangan dari Yogya Gazebo, MD Craft, dan Belindo diekspor ke Prancis, Spanyol, dan Belgia dan secara paralel juga akan dilakukan pelepasan 1 kontainer produk furnitur dari CV Jaroe Design diekspor ke Jerman dan 9 kontainer produk dekorasi rumah dari PT Out of Asia ke Amerika Serikat di Blabak, Yogyakarta.

Baca Juga :   BPJPH Kerja Sama dengan 109 Lembaga Sertifikasi Halal Luar Negeri

Sementara itu, pada tahap kedua, pada Sabtu (17/10/2020) akan dilakukan pelepasan 8 kontainer ekspor produk kerajinan tangan dan dekorasi rumah dari PT Out of Asia ke Amerika Serikat yang akan dilakukan di Blabak, Yogyakarta.

Mendag Agus mengatakan produk pakaian dalam dan pakaian olahraga wanita PT Busana Remaja Agracipta mendunia bersama merek-merek ternama dunia seperti Victoria Secret, H&M, Wacoal, dan Marks&Spencer. PT Busana Remaja Agracipta telah membuktikan diri sebagai salah satu produsen dan eksportir produk intimate terbesar di dunia.

Mendag Agus juga menuturkan perusahaan Aurum Furniture, Yogya Gazebo, MD Craft, Belindo dan CV Palm Craft merupakan binaan Kementerian Perdagangan melalui program Designers Dispatch Service Indonesia Design Development Center (IDDC). Perusahaan tersebut telah berhasil berinovasi dan mengembangkan produknya secara konsisten, sehingga mampu merambah ekspor di pasar global.

Leave a reply