82 Tahun Sinar Mas, Menjaga Nilai Warisan Eka Tjipta Widjaja

0
341

Eka Tjipta Widjaja/Kumparan

Pada 3 Oktober lalu, Sinar Mas Group genap berusia 82 tahun. Dimulai dari sebuah CV Sinar Mas yang resmi berdiri pada 3 Oktober 1938, kini perusahaan yang didirikan oleh Eka Tjipta Widjaja (alm) ini sudah menjelama menjadi konglomerasi dengan ratusan ribu karyawan.

Berbagai tantangan sosial ekonomi dan politik sudah dilewati dan Sinar Mas hingga saat ini masih tetap eksis. Semuanya itu tak terlepas dari nilai yang menjadi spirit sang pendiri dan kini menjadi pegangan manajemen dalam menghadapi tantangan baru ekonomi Indonesia dan dunia.

“Seperti kata pepatah, ‘minum air itu kita harus melihat dari mata airnya’, tentu ini semua atas landasan atau fondasi yang diberikan oleh Pak Eka Tjipta Widjaja, ayah kami yang tercinta,” ujar Franky O.Widjaja, salah satu putra Eka Tjipta Widjaja saat memberikan sambutan dalam acara dialog online dalam rangka 82 tahun Sinar Mas, Kamis (8/10).

Franky mengatakan ayahnya adalah orang yang memiliki jiwa kewirausahaan (entrepreneurship) sejak usia 15 tahun. Tetapi, tambahnya bukan hanya entrepreneurship, sang ayah juga memiliki falsafah dalam berbisnis.

Baca Juga :   APP Sinar Mas Berikan 10 Ribu Liter Minyak Goreng untuk 6 Provinsi

“Ini yang menjadi pegangan kita. Menjadi fondasi kita. Ini adalah kompas dari kehidupan kita. Falsafah beliau adalah tentu kerja keras, tekun, ulet, dan integritas. Beliau selalu mengatakan terus berinovasi,” ujar Franky.

Dengan semangat kewirausahaan serta falsafah hidupnya itulah, kata Franky, ayahnya memulai bisnis pada saat kondisi Indonesia serba berkekurangan pada tahun 1938. Ditambah kondisi sosial politik yang masih berada di bawah penjajahan saat itu.

Franky berterima kasih kepada jajaran senior manajemen Sinar Mas yang telah menekuni ajaran-ajaran atau falsafah ayahnya dalam menjalankan roda bisnis Sinar Mas saat ini. “Ini menjadi kita punya DNA dalam menjalankan bisnis kita sehari-hari,” ujarnya.

Franky berharap nilai-nilai luhur yang diwariskan dari ayahnya itu terinternalisasi di dalam diri manajamen sehingga tercermin dalam aktivitas bisnis Sinar Mas saat ini.

Gandi Sulistiyanto, Managing Director Sinar Mas mengatakan saat ini Sinar Mas group memiliki sekitar 380.000 karyawan.

Saat ini Sinar Mas group terdiri atas enam pilar bisnis yaitu bubur kayu dan kertas; agribisnis dan pangan; pengembang dan realestat; layanan keuangan; komunikasi dan teknologi; dan energi dan infrastruktur.

Baca Juga :   Yayasan Muslim Sinar Mas, JNE dan BenihBaik.com akan Salurkan 10 Ribu Al Quran

“Ditambah lagi generasi ketiga mengembangkan pilar pendidikan dan rumah sakit. Ini hasil inovasi dari generasi ketiga yang terus melayani masyarakat di Indonesia ini,” ujar Gandi.

Gandi percaya dengan nilai-nilai luhur yang diwariskan sang pendiri, Sinar Mas akan terus bertahan sebagai entitas bisnis yang berkarya menaungi jutaan manusia di Indonesia.

“Kami percaya, apa yang kita karyakan semua tujuannya adalah untuk kebaikan atau kemajuan bangsa dan negara kita Indonesia,” ujar Gandi.

Leave a reply