Apa yang Harus Dilakukan Leader Saat Krisis? Ignasius Jonan Berbagi Cerita

0
149

Ignasius JonanIgnatius Jonan/ITB

Perencanaan atau pembuatan strategi boleh saja tidak sampai 100% tapi eksekusi harus 100%. Demikian Ignasius Jonan menunjukkan pentingya sebuah eksekusi yang dilakukan oleh sosok pimpinan. Jonan yang telah memberikan legacy yang sangat baik di pemerintahan maupun perusahaan BUMN menegaskan bahwa eksekusi harus sempurna, meski strategi yang dirumuskan tidak sempurna karena keadaan yang selalu berubah.

Sebaik-baiknya perencanaan strategi tidak akan berbunyi bila tidak dilakukan eksekusi yang yang sempurna. “Execution is everythings,” kata Jonan dalam sebuah diskusi virtual belum lama ini.

Pada kondisi pandemik Covid-19, pada saat krisis saat ini, leadership yang paling diuji. Jonan mengatakan mungkin pada kondisi saat ini tidak banyak yang bisa dilakukan, namun pemimpin harus melangkah lebih jauh, yakni apa saja yang akan dilakukan setelah pandemik.

Dalam kondisi physical distancing saat ini, menurut Jonan, memang agak susah untuk melakukan eksekusi yang sempurna. Namun bukan berarti kondisi tersebut menjadi pembelaan diri untuk tidak melakukan eksekusi dengan baik. Leader harus mengeksekusi strategi, kalau tidak bisa mengeksekusi namanya strategist, bukan leader. Risiko sekecil hingga sebesar apapun harus diambil oleh pemimpin. Oleh karena itu, Jonan menganjurkan untuk melakukan eksekusi yang terbaik, do your best. Ia kembali menyarankan konsentrasinya adalah apa saja yang akan dilakukan setelah pandemik berlalu. Karena pandemik ini pasti berakhir.

Baca Juga :   TRAINING: DRIVING PEOPLE AGILITY IN DISRUPTIVE ERA THROUGH MERITOCRACY IDEA

“Ombak tidak bisa disetop. Apa yang bisa dilakukan adalah bagaimana kita bisa berselancar di atas ombak,” kata Jonan.

Jangan sampai kita dimakan ombak dan tenggelam karena diterpa ombak tersebut. Ia mengatakan sekarang itu, tidak ada industri yang tidak terganggu. Semua industri terganggu. Industri farmasi atau kesehatan sekali pun juga terganggu. Itu lah alasan kita harus belajar berselancar.

Jonan melihat akan ada konsolidasi besar terjadi di sektor apapun. Oleh karena itu, kalau memungkinkan perusahaan harus melakukan akuisisi atau merger dalam kondisi sekarang ini. Struktur industri pasti akan berubah pasca Covid-19 ini.

Leave a reply