Inovasi GoBiz dari Gojek untuk Jawab Kebutuhan UMKM

0
79

GoBiz/Ist

Inovasi terus dilakukan Gojek untuk mendorong usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) melaju dengan digital. GoBiz besutan Gojek melakukan inovasi fitur Daftar Mandiri. Di aplikasi GoBiz terbaru, mitra UMKM bisa memanfaatkan fitur Daftar Mandiri untuk melakukan pendaftaran, mengecek status verifikasi, dan aktivasi akun secara mandiri.

Head of Merchant Platform Business Gojek Novi Tandjung mengatakan GoBiz adalah bagian dari solusi komprehensif Gojek dalam memfasilitasi pelaku UMKM untuk meraih kesempatan dengan go digital di tengah masa yang penuh tantangan ini.

“Kami memahami, di tengah pemberlakuan kembali PSBB di ibukota misalnya, ada kebutuhan untuk UMKM segera melakukan transformasi digital. Oleh karena itu, kami percaya, kemudahan dan keamanan akses dalam proses aktivasi kian mendukung mitra UMKM untuk memulai usaha, beradaptasi dan mampu melebarkan sayap bisnisnya,” kata Novi melalui siaran pers.

Ia menyatakan Gojek berhasil mempercepat digitalisasi UMKM, dengan bergabungnya 265.000 UMKM kuliner sebagai mitra merchant GoFood di periode Maret-Agustus 2020. Gojek juga membeberkan keberhasilan upaya Gojek dalam mendukung mitra usaha di tengah pandemi Covid-19 telah diakui oleh hasil riset Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) bertajuk Peran Ekosistem Gojek di Ekonomi Indonesia Sebelum dan Saat Pandemi Covid-19. Gojek mengutip temuan dalam riset tersebut yang menyebutkan bahwa aplikasi GoBiz dinilai paling membantu mitra usaha dalam menjalankan bisnis selama pandemi, lewat program pengaturan promosi sendiri (68%), disusul layanan lainnya, seperti layanan pembayaran GoPay (39%) dan layanan pengantaran Gojek (33%).

Baca Juga :   OJK: 100 Perbankan Realisasikan Restrukturisasi Kredit terhadap 6,1 Juta Debitur

Teknologi GoBiz yang memungkinkan mitra UMKM untuk mengembangkan usaha secara mudah, dengan fitur seperti pengaturan promosi sendiri dan membantu operasional usaha lewat penerimaan pembayaran nontunai, membuat GoBiz semakin menjadi andalan mitra UMKM.

Salah satu mitra usaha GoFood yakni Pemilik Ayam Si Jagur Sambel Ngajelegur, Bandung, Eka Sopian mengakui GoBiz memberikan solusi bagi masalah yang dihadapi. “Fitur GoBiz andalan saya adalah fungsi pencatatan dan rekap otomatis transaksi di warung, selain cepat dan efisien, layanan otomasi ini sangat membantu sejak usaha saya masih minim jumlah karyawan,” kata Eka.

Leave a reply