Pelindo I Adopsi CRM untuk Kelola Pelanggan

0
62

Pelindo I/Istimewa

PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo I meluncurkan aplikasi Customer Relationship Management (CRM) baru-baru ini. Aplikasi ini untuk mengelola hubungan dengan pelanggan Pelindo I.

“Mengingat dinamika industri dan pergeseran penting ke arah pengaturan yang berpusat pada pelanggan, kebutuhan akan manajeman hubungan pelanggan menjadi lebih penting, di mana terdapat proses yang melibatkan analisis dan evaluasi semua interaksi dengan pelanggan,” kata Direktur Operasi dan Komersial Pelindo I Syahputera Sembiring yang dikutip dari siaran pers.

Syahputera Sembiring mengatakan aplikasi CRM ini memudahkan Pelindo I dalam melakukan aktivitas pemasaran dan melakukan sosialisasi mengenai pelayanan jasa yang ditawarkan kepada para pengguna jasa, membangun hubungan dengan pelanggan, serta melakukan proses penanganan keluhan, klaim, maupun informasi dari pelanggan.

Menurutnya, aplikasi ini merupakan salah satu wujud moderenisasi sistem layanan Pelindo I untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi layanan kepada pengguna jasa. Adanya aplikasi CRM ini diharapkan mampu memudahkan dan mempercepat proses komunikasi perusahaan yang dapat meningkatkan loyalitas pelanggan, mengoptimalkan kegiatan pemasaran, serta memaksimalkan nilai data pelanggan.

Baca Juga :   BCA Siap Berikan Informasi Rekening Tersangka Kasus Jiwasraya

CRM merupakan metode dalam mengelola hubungan perusahaan dengan pelanggan pada level bisnis sehingga dapat memaksimalkan komunikasi dan pemasaran melalui pengelolaan berbagai aktivitas yang berbeda untuk meningkatkan hubungan dan keterikatan dengan pelanggan dan juga untuk menelusuri informasi pelanggan.

Layanan dari Pelindo I tersebut berbasis portal yang bisa diakses melalui https://portals.pelindo1.co.id.

Leave a reply