Telkom dan PERPAMSI Targetkan Seluruh PDAM Terdigitalisasi

0
140

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Edi Witjara (paling kanan) bersama Direksi Perumda Tirta Raharja serta jajaran pengurus DPP Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (PERPAMSI) menyaksikan uji coba implementasi solusi smart metering/Dok. Telkom

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk atau Telkom mendigitalisasi PDAM Kabupaten Bandung. Digitalisasi dilakukan mulai dari sistem billing terintegrasi, basis data yang terpusat, dan dashboard pengelolaan air.

Ujicoba smart metering dari Telkom telah dilakukan di Pusat Pengolahan Air Minum Tirta Raharja, Cipageran, Cimahi, Jawa Barat. Dirut Perumda Tirta Raharja sekaligus Ketua Umum PERPAMSI Rudie Kusmayadi mengatakan menyambut baik adanya solusi smart metering pengelolaan air tersebut. Ia mengatakan Perumda Tirta Raharja tengah menguji coba sebuah teknologi smart metering berbasis IoT dari Telkom dan hasilnya sangat memuaskan.

“Kami berharap implementasi dapat segera dilakukan bukan hanya di Tirta Raharja tetapi di seluruh PDAM anggota PERPAMSI seluruh Indonesia,” kata Rudie dalam siaran pers.

Jumlah PDAM yang tergabung di PERPAMSI saat ini sebanyak 427 PDAM yang tersebar di hampir tiap kota/kabupaten di Indonesia.

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Edi Witjara mengatakan Telkom berkomitmen mendukung inovasi PERPAMSI dalam hal pemanfaatan smart metering ini. Telkom telah menyiapkan berbagai solusi smart metering yang menggunakan network LoRaWan dan platform Antares, untuk menjamin keandalan solusi tersebut. Bahkan solusi ini juga bisa untuk layanan utilitas lainnya, seperti gas dan listrik.

Baca Juga :   BUMN Jajaki Kerja Sama Kereta Api dan Pembangkit Listrik dengan Bangladesh

Kerjasama antara Telkom dengan PERPAMSI meliputi layanan berbasis connectivity, managed solution seperti smart meter, leak detector.

Berkisah tentang pengalaman proyek serupa, Ia mengungkapkan Telkom saat ini juga telah berhasil uji coba implementasi penuh (proof of concept) di PDAM Tirta Benteng Tangerang.

Leave a reply