Pegadaian Salurkan Pembiayaan Ultra Mikro Rp400 Miliar dari PIP

0
51

PIP menyalurkan pembiayaan Ultra Mikro (UMi) sebanyak Rp 400 miliar kepada PT Pegadaian/PegadaianPIP menyalurkan pembiayaan Ultra Mikro (UMi) sebanyak Rp 400 miliar kepada PT Pegadaian/Pegadaian

Pusat Investasi Pemerintah (PIP) Kementerian Keuangan menyalurkan pembiayaan Ultra Mikro (UMi) sebanyak Rp400 miliar kepada PT Pegadaian (Persero). Penandatangaan akad pembiayaan berlangsung di kantor PIP pada Kamis (25/06/2020).

Direktur Utama PIP Ririn Kadariyah menegaskan bahwa penyaluran ini merupakan bentuk komitmen dan peran pemerintah dalam mendukung UMKM untuk bangkit dari dampak pandemi Covid-19.

“Tidak tanggung-tanggung, BLU dan BUMN yang pro-pelaku usaha mikro berkolaborasi bersama untuk mensukseskan program Pemulihan Ekonomi Nasional,” kata Ririn yang dikutip dalam siaran pers.

Dirut PIP juga menggarisbawahi dua hal penting dalam penyaluran tahap pertama tahun 2020 sebesar Rp400 miliar tersebut. Pertama, pembiayaan UMi yang disalurkan dari PIP ke Pegadaian ini sudah termasuk masa tenggang selama 6 bulan. Hal ini untuk mendukung penyaluran ke usaha mikro di masa pandemi. Kedua, dari dana Rp400 miliar tersebut, Rp100 miliar sisanya berbentuk pembiayaan syariah yang merupakan penyerahan pertama dari PIP ke Pegadaian.

Sementara itu Direktur Utama PT Pegadaian (Persero) Kuswiyoto mengatakan sebagai salah satu lembaga keuangan bukan bank yang menjadi penyalur pembiayaan UMi selain PT PNM (Persero) dan PT Bahana Artha Ventura, PT Pegadaian (Persero) berkomitmen tinggi utk membangkitkan usaha mikro yang terdampak Covid-19 melalui Pembiayaan UMi.

Baca Juga :   Kantor Pelayanan Pajak Beri "Hadiah" kepada Pegadaian

“Pegadaian meneruskan program PIP melalui program Kreasi UMi-nya, untuk memberikan fasilitas pinjaman kepada pelaku usaha mikro yang kesulitan mengakses pembiayaan dari perbankan. Mulai tahun ini Pegadaian juga akan menyalurkan Pembiayaan UMi melalui produk gadai KCA-UMi untuk skema konvensional dan Rahn-UMi untuk skema Syariah,” kata Kuswiyoto.

Sampai dengan 24 Juni 2020, Pegadaian telah menyalurkan sebanyak Rp618,36 miliar kepada lebih dari 93.604 debitur. Diharapkan dengan penyaluran tahap pertama di pertengahan tahun 2020 ini, Pegadaian dapat mengejar penyaluran 1,2 triliun untuk tahun 2020. PT Pegadaian memiliki potensi penyaluran yang sangat luas terutama dengan 4.000 lebih outlet operasional dan 14 juta basis nasabahnya.

Leave a reply