Inilah Values E-Sports Di Mata Ketua PB E-Sports Budi Gunawan

Reporter: Yehezkiel Sitinjak
0
261

Ketua Pengurus Besar E-Sports Indonesia saat berpidato dalam pelantikan PB E-Sports Indonesia, Sabtu (18/02/2020) di Kempinski Hotel, Jakarta/The Iconomics

Ketua Umum Pengurus Besar E-Sports Jenderal Polisi (Purn.) Budi Gunawan menegaskan seluruh anggota akan bekerja keras untuk mendorong perkembangan industri e-sports di Indonesia. Dengan demikian, e-sports bisa memberikan dampak besar bagi kemajuan bangsa, baik pada sektor pertahanan keamanan, teknologi hingga ekonomi kreatif digital.

“Ke depan, e-sports diharapkan bisa memberikan kemajuan bagi bangsa di berbagai sektor strategis seperti pertahanan, keamanan, teknologi, serta ekonomi kreatif, digital dan pariwisata,” kata Budi saat acara pelantikan Pengurus Besar E-Sports Indonesia Periode 2020-2024 di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Sabtu (18/01/2020).

Ketua Umum Pengurus Besar E-Sports Indonesia Budi Gunawan melantik pengurus/ The Iconomics

Budi yang kini juga sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) tersebut juga menilai bahwa e-sports sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat milenial dan diprediksi akan semakin gemari anak muda di masa depan. Ditambah lagi, menurut Budi, e-sports juga bisa mendorong anak muda untuk berpikir strategis, kreatif dan analisis untuk menyusun berbagai strategi di dalam sebuah tim.

Baca Juga :   Survei: Pengusaha Properti Harus Terima Preferensi Anak Muda

“Kemampuan ini tentunya berguna membentuk generasi muda Indonesia yang tangguh, handal dan inovatif untuk memenangkan kompetisi global,” imbuhnya.

Pada saat ini, terdapat 60 juta pemain e-sports di Indonesia. Dan prediksinya akan meningkat hingga 100 juta pemain pada 2020. Sedangkan kontribusi industri e-sports terhadap pendapatan nasional mencapai nilai Rp22 triliun. Nilai tersebut baru sebesar 1% dari pasar e-sports secara global sehingga potensi industri ini masih sangat besar.

“Nanti bakal ada bonus demografi dengan jumlah penduduk di usia milenial dan generasi Z sebanyak 109,7 juta atau 52% dari jumlah penduduk Indonesia yang jadi kelompok usia dominan pemain e-sports,” tutupnya.

Leave a reply