Inilah Values E-Sports Di Mata Ketua PB E-Sports Budi Gunawan

Reporter: Yehezkiel Sitinjak
0
112

Ketua Pengurus Besar E-Sports Indonesia saat berpidato dalam pelantikan PB E-Sports Indonesia, Sabtu (18/02/2020) di Kempinski Hotel, Jakarta/The Iconomics

Ketua Umum Pengurus Besar E-Sports Jenderal Polisi (Purn.) Budi Gunawan menegaskan seluruh anggota akan bekerja keras untuk mendorong perkembangan industri e-sports di Indonesia. Dengan demikian, e-sports bisa memberikan dampak besar bagi kemajuan bangsa, baik pada sektor pertahanan keamanan, teknologi hingga ekonomi kreatif digital.

“Ke depan, e-sports diharapkan bisa memberikan kemajuan bagi bangsa di berbagai sektor strategis seperti pertahanan, keamanan, teknologi, serta ekonomi kreatif, digital dan pariwisata,” kata Budi saat acara pelantikan Pengurus Besar E-Sports Indonesia Periode 2020-2024 di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Sabtu (18/01/2020).

Ketua Umum Pengurus Besar E-Sports Indonesia Budi Gunawan melantik pengurus/ The Iconomics

Budi yang kini juga sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) tersebut juga menilai bahwa e-sports sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat milenial dan diprediksi akan semakin gemari anak muda di masa depan. Ditambah lagi, menurut Budi, e-sports juga bisa mendorong anak muda untuk berpikir strategis, kreatif dan analisis untuk menyusun berbagai strategi di dalam sebuah tim.

Baca Juga :   Gengsi, Perbedaan Milenial dan Generasi X Dalam Konsumsi

“Kemampuan ini tentunya berguna membentuk generasi muda Indonesia yang tangguh, handal dan inovatif untuk memenangkan kompetisi global,” imbuhnya.

Pada saat ini, terdapat 60 juta pemain e-sports di Indonesia. Dan prediksinya akan meningkat hingga 100 juta pemain pada 2020. Sedangkan kontribusi industri e-sports terhadap pendapatan nasional mencapai nilai Rp22 triliun. Nilai tersebut baru sebesar 1% dari pasar e-sports secara global sehingga potensi industri ini masih sangat besar.

“Nanti bakal ada bonus demografi dengan jumlah penduduk di usia milenial dan generasi Z sebanyak 109,7 juta atau 52% dari jumlah penduduk Indonesia yang jadi kelompok usia dominan pemain e-sports,” tutupnya.

Leave a reply