Seruan Solusi Damai dengan Iran Bikin Harga Minyak Stabil

0
463
Reporter: Arabnews

Setelah Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman menyerukan penyelesaian diplomatik krisis Iran dan perang di Yaman, harga minyak dunia stabil. Pasalnya, konflik bersenjata dengan Iran akan menjadi bencana bagi pertumbuhan ekonomi global.

Pasokan minyak, kata Salman, akan terganggu. Dan harga akan melambung ke angka yang tidak pernah dibayangkan dalam sejarah dunia. Dengan kata lain, ini berarti kehancuran total terhadap perekonomian global. Tidak hanya Arab Saudi dan Timur Tengah.

Salman karena itu meyakini solusi politik dan damai akan jauh lebih baik ketimbang solusi militer dalam menghadapi Iran. Harga minyak dunia sempat melambung selepas serangan 2 fasilitas kilang minyak Arab Saudi beberapa waktu lalu. Iran disalahkan banyak pihak atas serangan.

Namun, harga mulai turun sekitar 1% pada Senin (30/9) setelah Salman menyerukan solusi diplomatik dan politik damai menghadapi Iran. Salam dalam sebuah wawancara juga menjawab pertanyaan-pertanyaan sulit mengenai perang Yaman, perlakuan terhadap perempuan di penjara Arab Saudi dan tentang pembunuhan wartawan Jamal Khashoggi.

Baca Juga :   Pengamat: Bila Mensesneg Sudah Berkata, Maka Reshuffle Kabinet Akan Terjadi

Kendati mengajukan solusi damai, Salman seorah-olah punya syarat untuk itu. Kata dia, solusi politik damai akan jauh lebih mudah apabila Iran menghentikan dukungannya terhadap Houthi.

Leave a reply

Iconomics