Jasa Marga Diskon Tarif Jalan Tol 20% dari Semarang-Jakarta, Ini Alasannya

0
320
Reporter: Maria Alexandra

PT Jasa Marga (Persero) Tbk akan menambah diskon tarif 20% dari Semarang hingga DKI Jakarta khususnya dari Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang hingga GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Dan, diskon tersebut hanya berlaku untuk pengguna jalan yang melakukan perjalanan menerus (tap in) dari GT Kalikangkung dan melakukan tap out di GT Cikampek Utama.

“Pemberlakuan diskon untuk periode arus balik akan mulai berlaku pada 27 April pukul 06.00 WIB hingga  29 April 2023 pukul 06.00 WIB. Potongan diskon akan dilakukan di GT Cikampek Utama saja dan hanya untuk tarif perjalanan menerus dari Semarang menuju arah Jakarta,” kata Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana dalam keterangannya, Senin (24/4).

Lisye mengatakan, perjalanan ini akan menempuh sejumlah ruas jalan tol yang dikelola Jasa Marga dan badan usaha jalan tol (BUJT) lainnya. Dan, dimulai dari Jalan Tol Batang-Semarang, Jalan Tol Pemalang-Batang, Jalan Tol Pejagan-Pemalang, Jalan Tol Kanci-Pejagan, Jalan Tol Palimanan-Kanci, Jalan Tol Cikopo-Palimanan dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Baca Juga :   Tarif Tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran Akan Naik Mulai 13 Januari Nanti

Besaran diskon tarif tol 20% untuk untuk tarif perjalanan menerus dari Semarang menuju arah Jakarta tersebut sebagai berikut:

  • Kendaraan Golongan I: semula Rp 372 ribu menjadi Rp 297.600, diskon sebesar Rp 74.400
  • Kendaraan Golongan II dan III: semula Rp 575 ribu menjadi Rp 499.200, diskon sebesar Rp 75.800
  • Kendaraan Golongan IV dan V: semula Rp 758 ribu menjadi Rp 655.600, diskon sebesar Rp 102.400
  • Khusus untuk Jalan Tol Cikopo-Palimanan, diskon 20% hanya berlaku untuk kendaraan Golongan 1, sementara di ruas jalan tol lainnya berlaku untuk semua golongan kendaraan.

Karena itu, kata Lisye, pihaknya mengimbau para pengguna jalan menyiapkan saldo e-toll karena di jalan tol Trans Jawa hanya bisa menggunakan e-toll yang sama saat tap in dan tap out. Diskon pun hanya berlaku untuk yang menggunakan uang elektronik.

“Khusus untuk perjalanan di jalan tol Trans Jawa dengan sistem transaksi tertutup (tarif sesuai jarak), hanya bisa menggunakan e-toll yang sama saat tap in dan tap out sehingga saat saldo kurang tidak bisa meminjam e-toll pengguna jalan lainnya. Untuk itu sekali lagi, pastikan kecukupan saldo e-toll untuk menghindari antrean di gerbang tol,” ujar Lisye.

Baca Juga :   Pertamina Bersama Komisi VII DPR RI Dukung Peningkatan Lifting Migas Nasional

Saat memasuki GT Cikampek Utama, kata Lisye, pengguna jalan diharapkan mematuhi rambu dan arahan petugas. Apalagi gangguan sekecil apapun yang terjadi akan berdampak pada arus lalu lintas dan mengakibatkan antrean kendaraan.

Pemberlakuan diskon tarif tol 20% ini, kata Lisye, merupakan bentuk pelayanan dan apresiasi bagi pengguna jalan tol yang juga bertujuan memaksimalkan distribusi lalu lintas. Hal ini untuk menghindari penumpukan kendaraan pada satu tanggal tertentu, terutama yang telah diprediksi menjadi puncak arus balik Hari Raya Idulfitri 1444 H.

Jasa Marga, kata Lisye, mengimbau pengguna jalan menghindari perjalanan di waktu yang diprediksi menjadi puncak arus balik yakni 24 April hingga 1 Mei 2023. Ini untuk menghindari penumpukan kendaraan.

Itu sebabnya, kata Lisye, pihaknya mengimbau pengguna jalan untuk menggeser perjalanan balik ke 26 hingga 28 April 2023 agar lebih nyaman. Juga bisa memanfaatkan diskon tarif tol sebesar 20% untuk perjalanan dari Semarang ke Jakarta dan hindari juga perjalanan di waktu favorit, seperti pagi dan malam hari.

Baca Juga :   Bukti BNI Dukung UMKM, Pembiayaan Kredit Mencapai 21% di Kuartal I/2021

 

Leave a reply

Iconomics