Menteri Perhubungan dan Kapolri Ungkap Perilaku Mudik Tahun 2024

0
27
Reporter: Rommy Yudhistira

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan hasil evaluasi arus mudik Lebaran 2024 di empat gerbang tol keluar Jakarta yaitu Tol Cikampek Utama (Cikatama), Kalitama, Ciawi, dan Cikupa.

Dari hasil evaluasi tersebut, Budi mengatakan terjadi perubahan waktu perjalanan yang diambil oleh pemudik pada mudik musim libur dan cuti bersama Idulfitri 1445 Hijriah. Budi mengatakan pihaknya telah mengambil berbagai macam upaya strategis untuk mengantisipasi hal tersebut.

“Dari apa yang kita lihat, ada perubahan dari tahun yang lalu. Kalau tahun lalu itu pemudik lebih suka siang hari, namun sekarang lebih suka malam, sehingga siangnya cenderung kosong. Nah, bagaimana kita memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat, ini menjadi penting,” kata Budi dalam keterangan resminya pada Selasa (09/04/2024).

Selain itu, Budi menyampaikan rasa duka mendalam atas musibah kecelakaan yang terjadi di KM 58 Tol Jakarta-Cikampek pada Senin (8/4) lalu. Budi mengatakan, kejadian tersebut dapat dijadikan pelajaran mahal, dan evaluasi pelaksanaan mudik ke depan, baik dari sisi kebijakan maupun sosialisasi kepada masyarakat.

Baca Juga :   Ancang-ancang Angkasa Pura II Layani Pemudik di Masa Angkutan Lebaran

Budi turut memberikan apresiasi kepada petugas lapangan yang bekerja siang dan malam untuk melakukan evaluasi secara berkala. Hal itu dilakukan sebagai bentuk pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Budi berpesan kepada para pemudik untuk menjaga kondisi badan tetap prima dan mempersiapkan diri dengan baik sebelum melakukan perjalanan mudik.

“Jika memang kelelahan, harus beristirahat di rest area yang telah disediakan,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo menjelaskan bahwa manajemen arus mudik di empat gerbang tol utama keluar Jakarta berjalan dengan baik. Untuk mudik tahun ini, Sigit mengatakan, terjadi pergeseran puncak arus mudik dari H-3 pada tahun lalu, menjadi H-4 di tahun ini. Tingkat kepadatan arus mudik pun mengalami penurunan dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

“Kami mengimbau pengemudi tidak memaksakan diri ketika kelelahan karena akan berdampak fatal jika dipaksakan,” ujarnya.

Leave a reply

Iconomics