Kereta Commuter Indonesia Angkut 1 Juta Penumpang Saat Lebaran Hari Pertama dan Kedua

0
302
Reporter: Maria Alexandra Fedo

Vice President Corporate Secretary KAI Commuter (KCI) Anne Purba mengatakan bahwa pada masa angkutan Lebaran 2023 ini mengalami peningkatan 17-20% dari Lebaran sebelumnya.

Perjalanan KAI Commuter pun tercatat hampir 1.100 perjalanan dalam satu hari. Adapun sejak tanggal 19 April, KCI sudah mengangkut lebih dari 3 juta orang.

“Nah khusus di hari Lebaran, yang hari pertama dan hari kedua itu kami mengangkut lebih dari 1 juta penumpang,” jelas Anne Purba saat ditemui di Stasiun Jakarta Kota pada Selasa (25/04/2023).

Peningkatan pergerakan tersebut mengartikan bahwa mobilitas masyarakat bersilaturahmi ataupun mendatangi area-area seperti Jakarta Kota, ataupun Bogor ini mengalami peningkatan. Bahkan, di stasiun Manggarai pada hari kerja biasa melayani transit dapat capai 200 ribu.

“Bahkan di hari kerja yang biasanya juga Manggarai ini melayani yang transit itu bisa mencapai 200 ribu. Selama libur Lebaran rata-ratanya 180-190 ribu per hari,” kata Anne.

Kemarin, lanjut Anne, sangat mengejutkan juga karena lebih dari 230 ribu orang naik dan keluar di Stasiun Bogor. Kepadatan di Stasiun Bogor pada Senin (24/04/2023) ini juga sempat terekam dalam sebuah video yang beredar di media sosial. Adapun menurutnya, kepadatan kemarin di Stasiun Bogor karena ada terhubungnya stasiun ke taman yang berada di dekat Stasiun Bogor.

Baca Juga :   Pengelolaan Kereta Bandara Soekarno-Hatta Berpindah dari Railink ke KCI, Bagaimana Kereta Bandara Kualanamu dan YIA?

“Ini kami melihat adanya connecting dari stasiun ke taman yang ada di dekat stasiun sehingga menjadi salah satu alternatif tujuan commuters, baik dari Jakarta ataupun Bekasi transit di Manggarai kemudian menuju ke Bogor,” lanjutnya.

Anne mengungkapkan bahwa sebelum cuti bersama Lebaran ini, KCI sempat mendapati di angka 927 ribu dalam satu hari volume tertinggi. Untuk hari Senin lalu (24/04/2023) pergerakan penumpang mencapai 650 ribu dalam satu hari.

Meskipun terdapat penambahan pergerakan penumpang, namun Anne sebut tidak ada perubahan atau penambahan jadwal.

“Tidak ada perubahan jadwal, Commuter tetap beroperasi mulai dari pukul 4 pagi sampai pukul 12 malam dan kami menjalankan hampir 1.100 perjalanan. Feeder-feeder disiapkan mengantisipasi warga yang tadi saya sampaikan 180 ribu orang transit di stasiun Manggarai karena dari Bekasi mau ke Bogor,” tambahnya.

Leave a reply

Iconomics