Dukung UMK, Perumnas Berikan Program-program yang Selaras dengan Kementerian BUMN

0
75

Kantor pusat Perum Perumnas/Antara

Perum Perumnas telah menggelar program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) sepanjang tahun 2023 dengan memberikan program-program seperti alat bantu produksi kepada 10 pelaku usaha yang tersebar di seluruh Indonesia, diantaranya di area Jabodetabek, Karawang, Sukabumi, Demak, Pemalang, Magelang (Borobudur), Garut, dan Semarang.

Sejalan dengan Kementerian BUMN, Perumnas berupaya mendorong para pelaku usaha mikro kecil (UMK) untuk semakin berkembang. Program ini tidak hanya mencerminkan peran Perumnas dalam mendukung UMK, tetapi juga sebagai bentuk kontribusi nyata dalam menghadirkan peluang bagi pelaku usaha untuk unjuk kebolehan dan menghasilkan produk terbaiknya. Dukungan ini sejalan dengan komitmen Perumnas untuk menjadi agen perubahan positif dalam ekosistem UMK.

Alat bantu produksi yang disalurkan Perumnas diantaranya mesin jahit, mesin obras, mesin pemanggang roti/bakery, alat produksi mebel, mesin laundry, mesin kasir, rak display dan peralatan produksi lainnya.

Salah satu binaan Perumnas yang fokus pada kerajinan tangan memproduksi pakaian batik Cirebon adalah Yunas Batik.

“Saya telah menjadi mitra binaan UMK Perumnas selama 3 tahun terakhir dan dalam hal ini Perumnas sudah mendukung usaha saya dalam beragam program, seperti alat bantu produksi usaha mesin jahit, pameran lokal, serta pameran tingkat nasional di Inacraft 2023 dan pameran kancah internasional pada side event KTT ASEAN 2023,” kata Yunus, pemilik usaha Yunas Batik.

Baca Juga :   BAF Berikan Bantuan Pendidikan Anak-Anak di 23 Daerah

Yunus selaku pemilik usaha sangat terbantu dengan pembinaan yang Perumnas lakukan terhadap usahanya sejak 2019 lalu, sehingga usahanya dapat terus berkembang dan memiliki pasar yang beragam dari berbagai daerah.

Selain penyaluran program alat bantu produksi, Perumnas juga turut mendorong para pelaku usaha ini dalam keikutsertaan di pameran-pameran. Partisipasi dalam pameran seperti ini akan mengangkat UMK binaan Perumnas untuk merambah dan memperluas target pasar. Tidak hanya lokal, namun juga dapat menyasar pada pasar global.

Tidak hanya itu, Perumnas juga concern terhadap pengembangan dan peningkatan kapabilitas pelaku usaha melalui pelatihan digital dan manajemen keuangan usaha.

“Di akhir tahun 2023 kemarin, kami pelaku usaha juga diikutsertakan pada pelatihan digital yang dilakukan secara online. Pada pelatihan ini juga diajarkan bagaimana cara mengelola keuangan usaha,” kata Agum sebagai salah satu UMK Binaan Perumnas di bidang mebel.

Leave a reply

Iconomics