Pertamina Apresiasi Pemerintah Percepat Pembayaran Dana Kompensasi BBM 2023

0
17
Reporter: Rommy Yudhistira

PT Pertamina (Persero) menyambut baik dukungan pemerintah melalui Kementerian Keuangan yang mempercepat pembayaran dana kompensasi bahan bakar minyak (BBM) tahun 2023. Pembayaran kompensasi itu bertujuan untuk mengatasi kekurangan penerimaan akibat penetapan harga jual eceran jenis BBM tertentu (JBT) minyak solar dan jenis BBM khusus penugasan (JBKP) bensin (Ron 90) atau Pertalite untuk periode tahun 2023 senilai Rp 43,5 triliun.

Nilai tersebut, kata Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, sudah termasuk pajak yang dibayarkan, apabila tidak dihitung dengan pajak besarnya mencapai Rp 39,2 triliun. “Dana kompensasi sudah masuk kas Perseroan dan ini merupakan wujud dukungan penuh pemerintah kepada Pertamina untuk menjaga keberlangsungan layanan operasional BBM bersubsidi serta mendukung working capital, juga memperbaiki rasio-rasio keuangan perusahaan,” kata Nicke dalam keterangan resminya pada Jumat (25/5).

Nicke mengatakan, pihaknya pun turut mengapresiasi pemerintah yang dinilai telah mendukung Pertamina untuk menjaga keberlangsungan distribusi BBM, termasuk menjalankan program BBM satu harga. Pertamina akan berupaya untuk mendistribusikan BBM subsidi secara optimal, sehingga dapat diterima masyarakat yang memang berhak mendapatkan.

Baca Juga :   Ada Fitur Transaksi Digital di Aplikasi Jasa Raharja

Upaya tersebut, kata Nicke, dilakukan melalui beberapa hal. Pertama, Pertamina menggunakan teknologi informasi untuk memantau pembelian BBM bersubsidi di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) secara real time. Kedua, Pertamina berkomitmen melakukan digitalisasi di seluruh SPBU Pertamina yang mencapai lebih dari 8.000 SPBU, termasuk yang berada di daerah tertinggal, terdepan, terluar (3T).

Ketiga, lanjut Nicke, Pertamina terus meningkatkan kerja sama dengan aparat penegak hukum untuk meningkatkan pengawasan dan penindakan kegiatan penyalahgunaan BBM bersubsidi yang tidak sesuai peruntukannya. Keempat, Pertamina mendorong masyarakat untuk ikut dalam program subsidi tepat secara daring guna mengidentifikasi konsumen yang berhak dan memonitor konsumsi atas JBT Solar dan JBKP Pertalite.

“Kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada pemerintah khususnya Kementerian Keuangan, Kementerian BUMN dan Kementerian ESDM atas dukungannya kepada Perseroan dengan mempercepat pembayaran dana kompensasi BBM yang telah disalurkan Pertamina pada Triwulan IV/2023,” katanya.

 

Leave a reply

Iconomics