Astra Life Cetak Rekor Baru, Bukukan Premi Bruto Tertinggi Sejak Berdiri

0
38

PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) mencatat pertumbuhan Premi Bruto (gross written premium/GWP) pada tahun 2023. Presiden Direktur Astra Life, Nico Tahir bersyukur atas pencapaian perusahaan di tahun 2023 yang telah berhasil memberikan pencapaian membanggakan dengan rekor ketinggian baru dalam berbagai indikator kunci perusahaan yakni Premi Bruto (gross written premium/GWP) mencapai Rp6,1 triliun. Premi Bruto tersebut naik 3% dibandingkan tahun 2022.

Pencapaian Premi Bruto tersebut naik 3% dari Premi Bruto tahun 2022 yang senilai Rp5,9 triliun. Apabila dibandingan sejak awal berdiri di tahun 2014, nilai Premi Bruto ini juga telah mengalami pertumbuhan sebesar 9 kali lipat.

Pencapaian pertumbuhan tersebut berada diatas rata-rata pertumbuhan industri. Pendapatan premi industri asuransi jiwa di Indonesia pada tahun 2023 tercatat mengalami penurunan sebesar 7,1% secara year on year (yoy).

Aspek pertumbuhan bisnis positif lainnya juga diindikasikan melalui berbagai indikator kunci seperti Total Aset yang juga mengalami perkembangan dari Rp7,1 triliun di tahun 2022 menjadi Rp7,5 Triliun di tahun 2023 atau mengalami peningkatan sebesar 6% secara year on year (yoy).

Astra Life juga menyebut telah melindungi sebanyak 3,6 juta tertanggung atau telah bertumbuh sekitar 8x lipat sejak perusahaan pertama kali berdiri di tahun 2014. Tidak hanya itu, performa bisnis yang kuat juga ditunjukkan melalui nilai Risk Based Capital (RBC) yang tercatat di angka 246%, jauh melampaui ketentuan minimum Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yakni sebesar 120%. Astra Life juga telah membayarkan klaim sebesar Rp696 miliar sepanjang tahun 2023.

Leave a reply

Iconomics