Hari Pertama ‘Berlayar’ di Bursa, Harga Saham Pelayaran Kurnia Lautan Semesta Tbk (KLAS) Melaju 34,93%

0
395

Perusahaan pelayaran PT Pelayaran Kurnia Lautan Semesta Tbk (KLAS) resmi ‘berlayar’atau menjadi perusahaan tercatat di Bursa Efek Indoensia (BEI), Senin (12/6).

Harga sahamnya melaju kencang ke level Rp197 per saham alias naik 34,93% begitu bel perdagangan saham dimulai pukul 09.00 WIB. Harga tersebut terus bertahan hingga pukul 10.47 WIB.

Kurnyatjan Sakti Efendi, Direktur Utama PT Pelayaran Kurnia Lautan Semesta Tbk mengatakan menjadi perusahaan tercatat di BEI membuka akses bagi perseroan untuk bermitra dengan investor baik domestik maupun dari luar negeri untuk mengembangkan bisnis perseroan di masa depan.

Selain membuka akses pendanaan, ia menyebut tercatat di Bursa juga bertujuan untuk “mencapai transparansi, efisensi serta akuntabiltas dalam kegiatan operasional.”

Dalam penawaran umum perdana ini, PT Pelayaran Kurnia Lautan Semesta Tbk melepaskan sebanyak 540 juta saham kepada publik, dengan harga nominal Rp40 per saham dan harga penawaran perdana Rp146 per saham. Dus, jumlah dana yang berhasil digalang mencapai Rp78,84 miliar.

Sekitar 70,74% dana yang diperoleh akan digunakan oleh Perseroan untuk pembelian empat set kapal (tugboat) dan tongkang (barge). Kemudian, sekitar 14,65% akan digunakan oleh Perseroan untuk penyetoran modal kepada Perusahaan Anak, yaitu PT Karya Cipta Lahanindo atau KCL. KCL merupakan Perusahaan Anak langsung Perseroan yang bergerak di bidang penggalian kuarsa/pasir kuarsa, dimana Perseroan telah melakukan penyertaan sejak tahun 2018.

Baca Juga :   Hari Pertama di BEI, Harga Saham LAJU Melaju 35%

Sekitar 14,61% dana yang diperoleh dari IPO akan digunakan oleh Perseroan untuk modal kerja dalam rangka mendukung kegiatan operasional Perseroan secara umum.

 

Leave a reply

Iconomics