Hindari Penumpukan di Pelabuhan, Pemerintah Minta Pemudik Arus Balik yang Belum Miliki Tiket Jangan ke Pelabuhan

0
12

Arus balik Lebaran puncaknya diperkirakan akan terjadi pada 13 dan 14 April 2024.
Menteri Perhubungan, Budi Karya mengimbau kembali, sebagaimana anjuran dari Presiden agar kembali (balik) lebih awal.

“Oleh karenanya, untuk baliknya seperti Presiden waktu itu anjurkan, kembalinya lebih awal. Kalau bisa besok (Jumat) atau lusa, Sabtu. Karena Minggu dan Senin pasti ada kenaikan yang besar,” kata Menhub dalam keterangannya.

Ada sejumlah hal yang menjadi perhatian pemerintah dalam menghadapi arus balik. Menhub mengungkap bahwa jika melihat dari pengalaman tahun lalu, titik paling krusial adalah di daerah Salatiga sampai ke Semarang, yang notabene merupakan lokasi pertemuan para pemudik dari arah Jawa Tengah, Yogyakarta, serta Jawa Timur.

Oleh karena itu, Menhub menyampaikan kepada seluruh pihak harus mempersiapkan arus balik dengan baik, terutama di periode puncak.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir menyoroti perilaku pemudik yang tidak disiplin, khususnya yang melalui pelabuhan penyeberangan. Menurutnya, masih ditemukan pemudik yang nekad datang ke pelabuhan, padahal belum memiliki tiket. Hal ini tentu sangat disayangkan, sebab dapat menghambat pergerakan lalu lintas di area pelabuhan.

Baca Juga :   Kemenhub Terbitkan Edaran Ketentuan Bebas Tes PCR atau Antigen untuk Penumpang Pesawat

“Saya berharap betul, kepada para pemudik yang akan kembali pada arus balik, terutama dari arah Bakauheni mohon untuk jangan datang sebelum membawa tiket. Dan gunakanlah tiket pada hari itu juga. Pasti bisa berangkat,” kata Menko Muhadjir.

Leave a reply

Iconomics