RUPST Unilever Indonesia Tbk; Tebar Dividen Lebih dari Laba Bersih 2023 dan Rampingkan Jumlah Direksi

0
70

Meski mengalami penurunan laba bersih sepanjang 2023, tetapi PT Unilever Indonesia Tbk [UNVR] tetap membagikan dividen jumbo kepada para pemegang saham. Pemegang saham juga merampingkan jumlah direksi Perseroan untuk memastikan proses pengambilan keputusan yang lebih cepat dan efisien.

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan [RUPST] pada Kamis (20/6) memutuskan pembagian dividen sebesar Rp5,34 triliun atau sebesar Rp140 per saham.

Nilai dividen yang dibagikan tersebut merupakan 111,25% dari laba bersih tahun buku 2023.

Dividen tersebut terdiri atas dividen final sebesar Rp77 per saham dengan jumlah total Rp2.937.550.000.000 dan dividen interim sebesar Rp63 per saham atau seluruhnya sebesar Rp2.403.450.000.000.

Dividen final ini diambil dari laba bersih 2023 dan saldo laba yang ditahan dari tahun-tahun sebelumnya. Dividen final akan dibagikan paling lambat pada 18 Juli 2024.

Dividen interim sebesar Rp63 per saham telah dibagikan kepada para pemegang saham Perseroan yang namanya tercatat dalam daftar pemegang saham Perseroan pada 8 Desember 2023.

Jumlah keseluruhan dividen untuk tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2023 sama dengan jumlah keseluruhan dividen yang dibagikan untuk tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2022.

Baca Juga :   Unilever Indonesia Alokasikan Hampir 100% Laba Bersih Tahun 2021 untuk Dividen

Tahun 2023, Unilever Indonesia membukukan laba bersih sebesar Rp4,8 triliun, turun sekitar 10,5% dari Rp5,36 triliun pada 2022.

Penurunan laba ini terjadi seiring dengan penurunan pendapatan bersih sebesar 6,32% dari Rp41,21 triliun pada 2022 menjadi Rp38,61 triliun pada 2023.

Penuruna kinerja keuangan tahun lalu diantaranya karena dampak negatif dari konflik antara Israel dan kelompok Hamas di Palestina.

“Kami tetap fokus untuk memperkuat dan mendorong pertumbuhan yang mendukung bisnis kami. Upaya konsisten kami dalam menavigasi krisis eksternal sudah mulai menunjukkan hasil tahun ini, dan kami berterima kasih atas dukungan yang tak tergoyahkan dari konsumen, pelanggan, mitra, dan pemangku kepentingan pada tahun 2023,” ujar Benjie Yap, Presiden Direktur Unilever Indonesia Tbk.

Selain keputusan membagikan dividen, RUPST yang digelar secara hybrid di Kantor Pusat Unilever Indonesia, Grha Unilever BSD dan disiarkan secara virtual itu juga mengumumkan komposisi Direksi yang baru. 

Tidak ada nama baru yang masuk ke dalam jajaran direksi, tetapi jumlah direksi menjadi lebih ramping dari 12 direksi pada RUPST 2023 lalu menjadi hanya enam dalam RUPST tahun 2024 ini.

Baca Juga :   Asuransi Dayin Mitra Tbk Bagikan Dividen 53,79% dari Laba Bersih

Benjie mengatakan susuan direksi yang lebih ringkas ini untuk memastikan proses pengambilan keputusan yang lebih cepat dan efisien.

“Organisasi yang efisien akan mendorong kami untuk lebih tangkas dalam menanggapi tren konsumen dan kanal penjualan, sembari tetap menjaga akuntabilitas kuat dalam mencapai tujuan kami,” kata Benjie.

Komposisi terbaru Dewan Direksi Unilever Indonesia adalah sebagai berikut:

  • Presiden Direktur: Benjie Yap
  • Direktur : Vivek Agarwal
  • Direktur : Ainul Yaqin
  • Direktur : Enny Hartati Sampurno
  • Direktur : Hernie Raharja
  • Direktur : Willy Saelan

Nurdiana Darus (Ade) yang sebelumnya Direktur Unilever Indonesia,  diusulkan untuk ditunjuk sebagai Presiden Direktur Unilever Enterprises Indonesia (UEI), jika mendapat persetujuan pemegang saham UEI, sambil melanjutkan peran seniornya dengan Unilever Indonesia sebagai Head of Sustainability and Corporate Affairs. 

Posisi senior juga ditempati Amaryllis Esti Wijono (Lilis), yang sebelumnya juga sebagai Direktur, kini menjabat sebagai General Manager Nutrition Unilever Indonesia yang akan fokus untuk mendorong pertumbuhan yang kompetitif dan menguntungkan, serta melakukan pengembangan pasar di Indonesia. 

Sementara itu, Anindya Garini Hira Murti Triadi yang juga sebelumnya Direktur, telah mengundurkan diri untuk menjajaki kesempatan lain di luar Perseroan.

Baca Juga :   Sido Muncul Alokasikan 90% Laba Bersih Tahun Lalu untuk Dividen

“Kami berterima kasih pada Hira atas kontibusi beliau, semoga sehat dan sukses dalam perjalanan selanjutnya. Kami juga sangat mendukung Ade dan Lilis yang memulai babak baru dalam perjalanan mereka bersama Perseroan.”

“Kedepannya, kami tetap berkomitmen untuk terus mendorong daya saing. Kami optimis bahwa Perseroan berada di jalur yang tepat untuk menghasilkan pertumbuhan yang lebih cepat, mendorong produktivitas dan simpilifikasi, serta terus memperkuat budaya kinerja kami,” tutup Benjie.

Leave a reply

Iconomics