Lembaga Public Virtue Kecam Gerindra karena Salahi Aturan Kampanye Pemilu 2024

0
509
Reporter: Rommy Yudhistira

Public Virtue Research Institute (PVRI) mengecam Partai Gerindra yang membagikan tiket gratis konser girl band asal Korea Selatan Blackpink di kanal media sosialnya. Tindakan Gerindra itu dinilai memperburuk kondisi demokrasi di Indonesia karena menyalahi jadwal kampanye pemilihan umum (pemilu) yang baru dimulai 28 November 2023.

Peneliti dan Program Manager PVRI Ainun Dwiyanti mengatakan, aksi Partai Gerindra tersebut mencerminkan bahwa politik uang tidak hanya berbentuk uang tunai dan bagi-bagi sembako. Bentuk lain seperti hadiah umrah, dan sebagainya juga tidak dapat dibenarkan.

“Kami menilai ajakan Partai Gerindra ini merupakan bentuk lain dari politik uang dengan target segmentasi anak muda yang mendominasi jumlah pemilih dalam Pemilu 2024,” kata Ainun dalam keterangan resminya, Kamis (9/3).

Berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum (KPU), kata Ainun, angka demografi dan ketertarikan pemilih dalam Pemilu 2024, didominasi pemilih muda usia 17 hingga 40 tahun dengan proporsi 53%-55% atau setara 107 juta-108 juta orang penduduk Indonesia. Jumlah tersebut berbanding lurus dengan persentase pendengar Blackpink, yang berdasarkan Google Analytics tercatat demografis tertinggi pada rentang usia 14-44 tahun sebesar 92%.

Baca Juga :   Dalam Laporan Kinerja, DPR Sebut Telah Sahkan 23 RUU Jadi UU di Masa Sidang 2022-2023

Karena itu, kata Ainun, pihaknya menolak pemanfaatan artis yang tidak memiliki asosiasi politik ke dalam kampanye Pemilu 2024. Kedua, mengajak penindaklanjutan terhadap partai politik yang menyalahi asas pemilu dan berkampanye di luar masa Pemilu 2024. Ketiga, mengajak sahabat bajik untuk bijak dalam memilih dan menyebarkan informasi terkait praktik kepemiluan.

Sebelumnya, Partai Gerindra melalui laman media sosial Instagram dan Twitter membagikan informasi giveaway tiket konser Blackpink secara cuma-cuma. Terhadap peserta yang ingin berpartisipasi, harus memenuhi syarat yang diberikan yakni berfoto di depan baliho wajah Prabowo Subianto, Ketua Umum Partai Gerindra.

“Dalam rangka iseng-iseng aja, mimin mau bagi-bagi tiket konser BLACKPINK untuk teman-teman sekalian. Tapi ada syaratnya: Foto menggunakan atribut Blackpink di baliho atau billboard Pak Prabowo dan fotonya tanpa menggunakan masker,” tulis akun Twitter resmi Partai Gerindra.

 

Leave a reply

Iconomics