Jasa Marga: Jumlah Kendaraan yang Kembali ke Jabotabek Naik 17,1%

0
21
Reporter: Rommy Yudhistira

PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 154.443 kendaraan kembali ke wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi (Jabotabek) pada Hari Raya Iduladha 1445 Hijriah atau pada Senin (17/6) kemarin.

Marketing & Communication Department Head Jasa Marga Faiza Riani mengatakan, angka tersebut merupakan kumulatif arus lalu lintas dari 4 gerbang tol (GT) utama yakni GT Cikupa dari arah Merak, GT Ciawi arah Puncak, GT Cikampek Utama arah Trans Jawa, dan GT Kalihurip Utama arah Bandung.

Faiza mengatakan, total volume arus lalu lintas yang kembali ke Jabotabek mengalami kenaikan 17,1% jika dibandingkan dengan lalu lintas pada hari biasa.

Untuk distribusi lalu lintas, kata Faiza, mayoritas kendaraan dengan persentase mencapai 49,03% dari total volume atau sebanyak 75.730 kendaraan berasal dari arah Trans Jawa dan Bandung.

“Sekitar 39.567 kendaraan (25,62%) dari arah selatan (Puncak) dan 39.146 kendaraan (25,35%) dari arah barat (Merak),” kata Faiza dalam keterangan resminya pada Selasa (18/6).

Faiza melanjutkan, pihaknya memprediksi puncak lalu lintas kendaraan yang kembali ke Jabotabek akan terjadi pada Selasa (18/6) ino dengan total 225.841 kendaraan atau naik sebesar 78,69% dari lalu lintas normal.

Baca Juga :   PLN Hadirkan Ekosistem Kendaraan Listrik di Indonesia Lewat Pembangunan SPKLU dan Home Charging

“Untuk lalu lintas yang meninggalkan Jabotabek di empat gerbang tol utama pada hari tersebut tercatat sebanyak 114.205 kendaraan, lebih rendah 13,34% dari lalu lintas normal,” kata Faiza.

Masih kata Faiza, Jasa Marga mengimbau pengguna jalan untuk memastikan kendaraan dan pengendara dalam keadaan baik sebelum memasuki jalan tol. Jasa Marga meminta pengendara untuk memastikan kecukupan bahan bakar, dan saldo uang elektronik.

“Pergunakan rest area untuk beristirahat jika lelah berkendara serta mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas,” katanya.

Leave a reply

Iconomics