MTF Sebut Komunikasi Efektif Akan Hasilkan Kinerja Positif Buat Perusahaan

0
443
Reporter: Kristian Ginting

PT Mandiri Tunas Finance (MTF) memiliki strategi melalui komunikasi untuk menghasilkan kinerja perusahaan yang positif. Selain misi, suatu perusahaan perlu memiliki strategi untuk mencapai target-target yang diinginkan.

Corporate Secretary Division Head MTF Arif Reza Fahlepi mengatakan, hubungan baik yang terjalin antara perusahaan dengan pelanggan dapat dimulai dari komunikasi yang baik. Jadi, walau sebuah perusahaan visinya bagus dan karyawannya bersemangat tapi tanpa strategi, maka itu tidak akan menjadi apa-apa.

“Jadi harus kembali lagi strategi. semangat ada, visi bagus tapi tidak ada strategi, hasilnya capai saja,” kata Arif dalam acara Public Affairs Forum Indonesia di JS Luwansa Hotel, Jakarta, Jumat (7/10) lalu.

Arif menuturkan, berdasarkan riset Business and Management University of Zambia, dari total 138 responden karyawan yang berusia 22-50 tahun menyatakan, saluran komunikasi yang digunakan secara positif mengarah pada komunikasi yang efektif. Sedangkan komunikasi yang efektif berpengaruh positif terhadap kinerja organisasi atau perusahaan

Adapun strategi komunikasi yang dijalankan perlu melewati berbagai tahapan seperti, menetapkan tujuan, proses, melakukan identifikasi dan segmen target, mengembangkan pesan kunci, memilih channel strategi yang tepat, serta mengukur progres yang dilakukan.

Baca Juga :   Survei Praxis soal Hubungan Pemilu dan Ekonomi Bisa Jadi Dasar Praktisi PR Susun Gagasan Komunikasi

Di sisi lain, kata Arif, dampak pandemi Covid-19 juga membawa keuntungan tersendiri bagi MTF. Dengan adanya pandemi Covid-19, seluruh pihak dipaksa untuk menyesuaikan cara kerja melalui sarana digital.

Arif menyebutkan, MTF berupaya untuk tetap menghasilkan kinerja yang positif meski pada saat itu situasi Covid-19 memaksa dunia usaha untuk tidak beroperasi secara langsung. “Akhirnya kita bikin pameran secara virtual untuk menyiasati agar landing kita tetap terjaga dengan baik,” ujarnya.

Selain itu, MTF juga memberikan layanan MTF Go, sehingga masyarakat tetap dapat menikmati fasilitas yang tersedia melalui platform digital. Melalui MTF Go nasabah dapat merasakan kemudahan yang diberikan meliputi katalog mobil, simulasi kredit, pembayaran angsuran, portofolio kredit, memperpanjang STNK, klaim asuransi, sampai mengambil BPKB.

“Masyarakat Indonesia yang sudah men-download ini bisa menggunakan fasilitas MTF Go untuk mengajukan kredit pembiayaan di MTF. Bukan hanya mobil saja tapi juga multiguna, seperti itu,” kata Arif menambahkan.

Sementara itu, untuk mempermudah dalam memberikan pelayanan, MTF juga menyediakan aplikasi internal yaitu ICARE, yang mana aplikasi tersebut merupakan jalur komunikasi untuk memantau seluruh informasi yang terjadi pada nasabah.

Baca Juga :   Gig Economy Dinilai Punya Peran Besar Berdayakan Pelaku UMKM

“Jadi seluruh frontline di Indonesia itu harus meng-update apa yang terjadi. Ada komplain kah di cabangnya masing-masing, atau action-nya apa, semua ada di ICARE. Ini kita bisa monitor dari kantor pusat secara realtime,” tutur Arif.

 

Leave a reply

Iconomics