Kementerian BUMN Buka Lapangan Pekerjaan Program Rekrutmen untuk Diaspora Indonesia

0
30
Reporter: Rommy Yudhistira

Kementerian BUMN membuka lapangan pekerjaan melalui program rekrutmen pegawai secara khusus untuk diaspora Indonesia di seluruh dunia. Program tersebut dilaksanakan sebagai upaya mewujudkan BUMN Go Global.

Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Teknologi, dan Informasi Kementerian BUMN Tedi Bharata mengatakan, program bernama Bakti Diaspora untuk Indonesia, sekaligus melengkapi rangkaian program Rekrutmen Bersama BUMN (RBB) 2024. Penerimaan pegawai tersebut bisa diikuti seluruh warga negara Indonesia (WNI), baik yang sudah menjadi profesional maupun yang pernah menempuh pendidikan formal di luar negeri.

Saat ini, kata Tedi, sebanyak 12 BUMN membuka lebih dari 135 lowongan pekerjaan. Beberapa perusahaan yang berpartisipasi dalam program ini meliputi PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero)/InJourney, PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero)/IFG Tbk, dan PT Mineral Industri Indonesia (Persero)/MIND ID.

Menurut Tedi, ada beberapa sektor lowongan pekerjaan dalam program tersebut seperti investor relations, IT security, nanotechnology, sustainability specialist, data scientist, dan international trading. “Program Bakti Diaspora untuk Indonesia ini diharapkan mampu menjadi wadah bagi BUMN untuk dapat menarik dan merekrut para Diaspora sesuai dengan kebutuhan dan kualifikasi perusahaan melalui proses seleksi yang telah kami siapkan,” ujar Tedi di Jakarta beberapa waktu lalu.

Baca Juga :   Pemberlakukan Cukai Plastik dan Minuman Berpemanis Akan Dilakukan Tahun Depan

Rangkaian program tersebut, kata Tedi, diawali dengan penyelenggaraan acara Pre-Event: Virtual Enhancement Week berupa talk show yang membahas peluang berkarier di BUMN bagi para diaspora. Kegiatan itu dilakukan untuk memberikan pemahaman lebih dalam mengenai lingkungan kerja di BUMN grup.

Masih kata Tedi, pengumuman dan proses rekrutmen dilakukan secara daring melalui situs magentaku.id/diaspora. Magenta.id merupakan platform rekrutmen kerja dan magang di bawah koordinasi Forum Human Capital Indonesia (FHCI). Tercatat saat ini sebanyak 500 ribu peserta telah mendaftar di platform Magenta dan lebih dari 11 ribu peserta sedang dan telah menyelesaikan magang di BUMN.

Leave a reply

Iconomics