Kementerian BUMN Gelar Mudik Bersama ke Lebih 200 Kota di Seluruh Indonesia dan Bisa Daftar Mulai Maret Ini

0
38
Reporter: Rommy Yudhistira

Kementerian BUMN menggelar program mudik bersama bertemakan Mudik Asyik BUMN 2024. Kegiatan rutin tersebut dilakukan untuk menyambut momen Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, sebanyak 84 perusahaan dan anak BUMN siap melayani lebih dari 80.215 pemudik yang terbagi dalam 3 moda transportasi: 1.225 unit bus, 60 unit kereta api, dan 15 unit kapal laut. Tujuannya pun lebih dari 200 kota di seluruh wilayah Indonesia.

“Mudik bersama BUMN telah menjadi agenda rutin, hal ini sebagai wujud komitmen BUMN untuk terus memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia,” kata Erick dalam keterangan resminya di Jakarta, Selasa (5/3) kemarin.

Sebagai benteng ekonomi nasional, kata Erick, BUMN berupaya terus meningkatkan kinerja dan menciptakan program-program yang berpihak kepada masyarakat. Karena itu, program mudik yang digagas BUMN menjadi komitmen dalam mendukung penyelenggaraan mudik yang kondusif dan mengedepankan keselamatan pemudik.

Secara umum, kata Erick, peningkatan pemudik diperkirakan terjadi hingga 22% pada tahun ini. Untuk mengantisipasi lonjakan pemudik, BUMN telah memastikan seluruh persiapan program mudik bersama dapat terlaksana dengan baik. Persiapan tersebut mulai dari armada transportasi, pengaturan rute perjalanan, hingga penyediaan fasilitas, dan pelayanan yang memadai.

Baca Juga :   Kendati Turun, Bea Cukai Sebut Nilai Ekspor ke Tiongkok Stabil

Sementara itu, Deputi Sumber Daya Manusia, Teknologi, dan Informasi Kementerian BUMN Tedi Bharata menambahkan, pihaknya telah menunjuk PT Jasa Raharja dan Forum Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) BUMN sebagai koordinator pelaksanaan mudik bersama BUMN. Kedua pihak yang ditunjuk tersebut berperan sebagai koordinator yang memastikan seluruh aspek pelaksanaan program berjalan sesuai dengan standar keamanan dan kenyamanan.

Kemudian, kata Tedi, BUMN pun menyediakan moda bus transportasi berbasis listrik yang ramah lingkungan. Dengan adanya moda transportasi berbasis listrik, diharapkan program mudik bersama BUMN tahun ini, bisa memberikan pengalaman perjalanan yang lebih baik dan inklusif bagi pemudik.

Masih kata Tedi, pendaftaran mudik bersama BUMN telah dibuka per 1 Maret 2024 melalui masing-masing perusahaan. Masyarakat dapat mengikuti kegiatan program Mudik Bersama BUMN tanpa dipungut biaya apapun. Untuk informasi lebih lanjut dapat diakses di media sosial resmi perusahaan dan Kementerian BUMN.

“Kegiatan Mudik Bersama BUMN dilaksanakan sebagai bentuk tanggung jawab sosial dan lingkungan BUMN dalam rangka membantu masyarakat yang ingin melaksanakan mudik ke kampung halamannya,” ujar Tedi.

Baca Juga :   Komitmen Tingkatkan Kualitas Pendidikan Kesehatan dan Kedokteran, Holding RS BUMN Jalin Sinergi Dengan IJN Malaysia

 

Leave a reply

Iconomics