Raih PSBE 2022, BCA Akan Wakili Indonesia di Ajang Asean Energy Award 2023

0
687
Reporter: Kristian Ginting

Wisma BCA Foresta yang mengusung konsep green building menjadi pemenang pertama Kategori Gedung Hemat Energi Sub Kategori Gedung Baru dalam ajang Penghargaan Subroto Bidang Efisiensi Energi (PSBE) 2022. Keberhasilan ini membawa BCA sebagai perusahaan sektor perbankan yang akan mewakili Indonesia di ajang Asean Energy Award 2023.

Atas penghargaan tersebut, Direktur BCA Frengky Chandra Kusuma mengatakan, Wisma BCA Foresta yang terletak di Kawasan Komersial Foresta BSD City merupakan perwujudan dari komitmen perseroan untuk mendukung inisiatif hijau sebagaimana seruan global untuk menjaga dan melestarikan bumi. Dengan mengaplikasikan teknologi cerdas saat ini, Wisma BCA Foresta diharapkan dapat menjadi contoh konkret dari upaya pemanfaatan energi tanpa berlebihan atau efisien sesuai dengan kebutuhan.

Hal tersebut, kata Frengky, juga menjadi pembelajaran berharga, yang mendorong kesadaran setiap penghuninya untuk memiliki kepedulian terhadap bumi dalam setiap pemanfaatan energi. BCA karena itu bersyukur dan berterima kasih telah berhasil meraih penghargaan ini.

“Hal ini tentu saja menjadi motivasi bagi perseroan untuk terus mewujudkan komitmen mendukung terpenuhinya inisiatif hijau sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Kami akan terus menghadirkan inovasi-inovasi yang sejalan dengan seruan global tersebut,” ujar Frengky dalam keterangan resminya beberapa waktu lalu.

Baca Juga :   Perusahaan Infrastruktur Energi Asal Mesir Akuisisi Perusahaan Gardu Listrik Bergerak di Indonesia

Frengky menambahkan, pihaknya senantiasa aktif mewujudkan komitmen dalam pembangunan berkelanjutan dengan mengedepankan nilai-nilai environmental, social, and governance (ESG). BCA memperkuat komitmennya dengan penyaluran kredit untuk sektor-sektor berkelanjutan yang tumbuh sebesar 21,8% secara tahunan (yoy) menjadi Rp 169,5 triliun per Juni 2022.

Selain itu, kata Frengky, BCA juga melakukan beberapa inisiatif lain seperti pengelolaan limbah kartu dan EDC. Juga turut pemadaman lampu selama 1 jam pada 544 gedung kantor BCA untuk mendukung program Earth Hour beberapa waktu lalu.

“BCA akan terus mewujudkan komitmen dalam rangka menghadirkan suatu tatanan dunia yang terarah pada pemulihan agar tumbuh lebih kuat dan sehat. Inisiatif-inisiatif yang dilakukan perseroan terarah untuk memberikan dampak positif bagi hidup yang lebih baik, baik untuk komunitas, lingkungan, maupun untuk ekosistem kehidupan yang mendukung terwujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan,” katanya.

Penyerahan penghargaan tersebut diberikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI kepada Frengky di Ruang Sarula, Kementerian ESDM pada Rabu (5/10) kemarin. PSBE adalah penghargaan yang diberikan dalam rangka mengapresiasi keberhasilan penerapan efisiensi dan konservasi energi di sektor bangunan gedung dan industri. Pemenang PSBE Tahun 2022 menerima penghargaan dalam prosesi penyerahan Piala PSBE Tahun 2022.

Baca Juga :   Jalankan Konsep 4.0 dan 5.0, Indonesia Berpotensi Jadi Negara Pengusung Ekonomi Digital

Untuk diketahui, Wisma BCA Foresta yang beroperasi sejak Oktober 2020 dengan peruntukan sebagai kantor pusat BCA dengan total luas bangunan adalah 45.250 m2 (GLA) dan 28.159 m2 (NLA occupied). Pada penghujung 2021, Wisma BCA Foresta meraih sertifikasi Greenship Platinum dari Green Building Council Indonesia (GBCI). Berbagai teknologi yang diterapkan di Wisma BCA Foresta antara lain building automation system, kaca double glass (low E), air minum reverse osmosis, air recycle dan rain water tank dan yang lainnya. Terbaru, fasilitas SPKLU yang dihadirkan di Wisma BCA Foresta dapat dimanfaatkan seluruh masyarakat yang berada di sekitar Wisma BCA Foresta. Selain itu, Wisma BCA Foresta juga telah dilengkapi dengan penggunaan energi terbarukan, yaitu panel solar yang mampu mengurangi penggunaan listrik dari bahan bakar fosil.

 

 

Leave a reply

Iconomics