United Tractors Libatkan Ribuan Orang untuk Mengasah Kesiapsiagaan Bencana

0
46

PT United Tractors Tbk (UT) berkolaborasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan 62 sekolah binaan yang tergabung dalam Astra Heavy Equipment Mining Construction & Energy (AHEMCE) melakukan simulasi kesiapsiagaan bencana serentak. Aktivitas ini diikuti oleh 9.281 siswa dan 923 guru di seluruh Indonesia.

“UT memahami pentingnya kolaborasi ini untuk mewujudkan masyarakat tangguh bencana secara berkelanjutan. Melalui berbagai program yang telah dijalankan, diharapkan dapat menjadi wadah untuk masyarakat dalam meningkatkan pengetahuannya di bidang kebencanaan. Kami percaya dengan pengetahuan yang didapat bisa menjadikan masyarakat untuk lebih sadar dan memahami kerentanan bencana di lingkungan sekitar, serta mengetahui langkah tepat dalam menanganinya,” kata CSR Manager UT, Himawan Sutanto dalam keterangan resmkinya.

Simulasi serentak ini ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy yang didampingi oleh Kepala BNPB Letjen TNI, Suharyanto, S.Sos., M.M; Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah, dan Wali Kota Padang, Hendri Septa yang berlokasi di Kota Padang, Sumatera Barat.

Baca Juga :   Nias Selatan Diguncang Gempa, Puan Minta Pemerintah Perkuat Sistem Mitigasi Bencana

Setiap sekolah binaan AHEMCE melakukan simulasi kesiapsiagaan ini dengan skenario yang berbeda-beda seperti, penanganan gempa bumi, kebakaran, dan banjir. SMK Negeri 36 Jakarta menjadi salah contoh sebagai lembaga pendidikan yang melakukan simulasi kesiapsiagaan bencana dan kegiatannya disiarkan secara daring melalui Zoom Meeting. Adapun skenario yang dilakukan SMKN 36 Jakarta yaitu penanganan terhadap gempa bumi yang berpotensi tsunami. Simulasi ini dikoordinir oleh Tim Siaga Bencana SMK Negeri 36 yang telah mendapatkan pendampingan dalam program Sekolah Binaan United Tractors Tangguh Bencana (SOBAT TANGGUH).

Leave a reply

Iconomics