Melantai di BEI, Anugerah Spareparts Sejahtera Tbk (AEGS) Bidik Pasar Ekspor

0
245

PT Anugerah Spareparts Sejahtera Tbk (AEGS) resmi tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (11/9). Tercatat di Papan Akselerasi, harga saham Perusahaan yang menjadi emiten ke-66 di BEI pada tahun ini sempat menguat pada awal perdagangan saham.

Mengutip RTI, harga saham AEGS dibuka pada level Rp105 per saham, naik 5% dari harga penawaran perdana Rp100 per saham. Namun, harga tersebut tak begitu bertahan lama, karena kemudian bergerak turun hingga mencapai level Rp95 per saham.

PT Anugerah Spareparts Sejahtera Tbk (AEGS) merupakan perusahan yang bergerak dalam bidang usaha industri filter kendaraan bermotor yaitu filter oli dan filter bahan bakar, serta perdagangan filter udara, dan filter kabin AC.

Perseroan melepaskan sebanyak 400 ribu lembar saham pada penawaran umum perdana ini atau sebanyak 39,76% dari modal ditempatkan dan disetor Perseroan setelah Penawaran Umum Perdana Saham.

Dengan harga penawaran perdana Rp100 per saham, dana yang diperoleh dari aksi korporasi ini mencapai Rp40 miliar. Sebanyak Rp10,3 miliar dana hasil IPO digunakan untuk membeli tanah beserta bangunan pabrik, kantor dan gudang yang ada di atasnya. Tanah tersebut berlokasi di Jalan Soekarno Hatta Nomor 134, RT 007 RW 003, Desa/Kelurahan Losari Kidul, Kecamatan Losari, Kabupaten Cirebon Provinsi Jawa Barat.

Baca Juga :   Hari Pertama di BEI, Saham Lini Imaji Kreasi Ekosistem Tbk (FUTR) Dilego Investor

Perseroan juga akan menggunakan Rp1,26 miliar dana hasi IPO untuk di atas tanah yang dibeli di Jawa Barat tersebut. Kemudian sebanyak Rp3,66 miliar dana hasil IPO digunakan untuk belanja modal pabrik penunjang operasional Perseroan.

Oey Johan Sinatra Sumawi, Direktur Utama PT Anugerah Spareparts Sejahtera Tbk mengatakan IPO ini “merupakan langkah awal bagi kami untuk terus maju dan berkembang.”

“Setelah perseroan kami menjadi sebuah perseroan terbuka tentunya kami memiliki tanggung jawab untuk menjaga kepercayaan yang telah diberikan publik kepada kami. Untuk itu kami berterima kasih kepada para investor dan para pemegang saham yang telah memberikan dukungan kepada kami,” ujarnya di Main Hall BEI, Senin (11/9).

Dengan IPO ini, perseroan juga akan terus merambah potensi pasar, baik di dalam negeri maupun luar negeri.

“Kedepan kami berencana untuk dapat lebih memenuhi kebtuhan pasar sparepart dalam negeri maupun di pasar internasional baik di bidang otomotif maupun di bidang lainnya seperti alat berat dan marine,” ujarnya.

Baca Juga :   Hari Pertama di BEI, Harga Saham Sumber Sinergi Makmur Tbk (IOTF) Naik 35%

Menurutnya tahun ini perseroan telah melakukan ekspor perdana. Dengan pengalaman tersebut, manajemen optimistis dapat memperkenalkan produk-produk Indonesia di pasar internasional.

“Kami sadar bahwa perjalanan ini tidak mudah, namun dengan kerja sama dan kepercayaan dari semua stakeholder, kami yakin perseroan kami dapat terus berkembang dan memberikan nilai yang optimal untuk semua pihak,” ujarnya.

Leave a reply

Iconomics