RUPST Antam; Bagi Dividen 100% dari Laba Bersih dan Angkat Direksi Baru

0
49

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan [RUPST] PT Aneka Tambang Tbk yang digelar di Jakarta, Rabu (8/5) menyetujui penggunaan 100% laba bersih tahun buku 2023 sebagai dividen.

Tahun lalu, anggota holding BUMN Pertambangan, PT Mineral Industri Indonesia (Persero) (MIND ID) ini membukukan laba bersih sebesar Rp3,08 triliun.

Direktur Utama Antam, Nico Kanter mengatakan pembagian dividen tersebut merupakan bentuk komitmen Antam dalam memberikan nilai tambah yang optimal bagi seluruh stakeholder.

“Antam berkomitmen tetap membukukan kinerja positif secara berkelanjutan ke depannya,” ujarnya.

Tahuan 2023, Antam mencatatkan nilai penjualan bersih sebesar Rp41,05 triliun dengan kontribusi dominan berasal dari penjualan bersih domestik sebesar Rp35,37 triliun atau setara 86% dari total penjualan bersih ANTAM.

Pada tahun 2023, produk emas menjadi kontributor terbesar penjualan ANTAM dengan proporsi 64% terhadap total penjualan ANTAM dengan nilai penjualan sebesar Rp26,12 triliun.

Selain dividen, dalam RUPST pemegang saham Antam juga telah menyetujui usulan keputusan dari MIND ID terkait perubahan susunan pengurus Perseroan.

Baca Juga :   Bank Amar Akan Bagikan Dividen Tunai Rp 55 M atau Setara 31% dari Laba Bersih

Dalam RUPST ini, telah diberhentikan dengan hormat Elisabeth RT Siahaan sebagai Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko. Selanjutya, para pemegang saham menyetujui untuk mengangkat Arianto Sabtonugroho sebagai Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko.

“Dewan Komisaris dan Direksi ANTAM mengucapkan terima kasih kepada Ibu Elisabeth RT Siahaan atas dedikasi dan dukungannya kepada ANTAM selama menjabat sebagai anggota Direksi ANTAM,” tulis Antam dalam keterangan pers.

Dengan demikian, Susunan Pengurus Perseroan adalah sebagai berikut:

Susunan Dewan Komisaris
Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen F.X. Sutijastoto
Komisaris Independen Gumilar Rusliwa Somantri
Komisaris Independen Anang Sri Kusuwardono
Komisaris Bambang Sunarwibowo
Komisaris Dilo Seno Widagdo

 

Susunan Direksi
Direktur Utama Nicolas D. Kanter
Direktur Operasi dan Produksi Hartono
Direktur Pengembangan Usaha I Dewa Wirantaya
Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Arianto Sabtonugroho
Direktur Sumber Daya Manusia Achmad Ardianto

 

Leave a reply

Iconomics