Great Eastern Life Luncurkan PAYDI Baru Berbasis ESG

0
23

Great Eastern Life Indonesia

Great Eastern Life Indonesia meluncurkan GreatLink SustAInability Equity Fund dengan sub dana yang mengoptimalkan penggunaan teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam pengelolaan investasinya pada saham-saham yang mempertimbangkan aspek Lingkungan, Sosial dan Tata Kelola Perusahaan yang baik di Bursa Efek Indonesia.

“Great Eastern Life Indonesia senantiasa berinovasi guna menjawab kebutuhan nasabah sekaligus membuktikan komitmennya untuk berkontribusi secara nyata bagi lingkungan. Dengan peluncuran GreatLink SustAInability Equity Fund yang berinvestasi pada saham-saham yang berfokus pada ESG dengan didukung oleh teknologi AI, serta perubahan strategi alokasi investasi GreatLink Balanced Fund, kinerja investasi akan menjadi lebih optimal dan tentunya bisa membantu mewujudkan masa depan yang lebih baik, Reach for a Greater Tomorrow,” kata Nina Ong, Presiden Direktur Great Eastern Life Indonesia dalam keterangan resminya.

Produk baru ini akan menempatkan investasinya sebagian besar pada instrumen ekuitas dengan alokasi minimal 80% pada Efek Ekuitas dan maksimal 20% pada Pasar Uang.

Bursa Efek Indonesia (BEI) telah meluncurkan indeks saham berbasis aturan ESG yang bernama IDX ESG Leaders pada 14 Desember 2022. Indeks tersebut mengukur kinerja perusahaan-perusahaan di Indonesia yang menerapkan praktik ESG atau yang disebut dengan perusahaan berisiko ESG rendah. Filter utama daftar emiten yang masuk ke dalam Indeks IDX ESG Leaders ialah perusahaan-perusahaan yang memiliki skor risiko rendah atau rating ESG dari Sustainalytics.

Baca Juga :   Dampak Inflasi Tinggi, Allianz Perkirakan Pendapatan Premi Asuransi akan Menurun

Per November 2023, Direktur Utama BEI, Iman Rachman dalam acara Mandiri Sustainability Forum pada Kamis, 7 Desember 2023, mengungkapkan bahwa sebanyak 44% perusahaan emiten di BEI dengan risiko ESG rendah mengalami apresiasi harga saham yang lebih tinggi dibandingkan emiten lainnya. Daftar perusahaan emiten dengan risiko ESG rendah tersebut memiliki kinerja keuangan positif yang ditandai dengan pertumbuhan pendapatan yang lebih tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan ESG bukan hanya tentang mewujudkan tanggung jawab sosial, tetapi juga bisa berkontribusi pada profitabilitas perusahaan Great Eastern Life Indonesia sendiri telah menerapkan praktik ESG dalam keberlangsungan bisnis dengan berlandaskan pada tiga pilar keberlanjutan (sustainability), yaitu lingkungan (environment), sosial (social), dan tata kelola (governance).

Leave a reply

Iconomics