Pasifik Satelit Nusantara Gandeng Perusahaan India Garap Pasar PNT Satelit

0
27

PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN) menjalin kolaborasi bersama Elena Geo Tech Pvt Ltd. Kolaborasi PSN dengan perusahaan manufaktur produk berbasis navigasi dari Bengaluru, India akan bersinergi dalam mengembangkan sistem Positioning, Navigation dan Timing (PNT) satelit Indonesia.

Direktur Teknologi PSN, Satrio Adiwicaksono menjelaskan sebagai perusahaan anak bangsa, PSN terus mengembangkan diri dalam memberikan layanan berbasis satelit. Selama 33 tahun berkiprah, PSN fokus dalam layanan komunikasi. Dengan rekam jejak yang panjang serta melihat masih adanya potensi besar yang bisa dimaksimalkan dari industri satelit, PSN melakukan ekspansi strategis dengan memasuki bidang navigasi.

“Kolaborasi internasional antara PSN dan Elena menunjukkan bahwa sebagai perusahaan nasional, kami terus memacu diri untuk memperkuat ekosistem bidang antariksa dengan membangun kemampuan manufaktur di industri satelit Indonesia, salah satunya Positioning, Navigation dan Timing (PNT) berbasis satelit. Dengan dikelola secara mandiri, kami percaya akan mendukung pemerintah dalam menciptakan kemandirian ekonomi di industri satelit nasional,” kata Satrio dalam keterangan resminya.

Direktur Utama PSN, Adi Rahman Adiwoso menyampaikan latar belakang PSN berkolaborasi dengan Elena mempertimbangkan rekam jejak perusahaan tersebut dalam menghasilkan manufaktur sistem navigasi berbasis satelit. Aspek lainnya adalah majunya industri satelit di India. Hal tersebut berkat dukungan kuat dari Pemerintah India memajukan industri satelit dalam negeri. Hasilnya, India berhasil memiliki sistem navigasi satelit (Navigation with Indian Constellation) yang dikembangkan Organisasi Penelitian Ruang Angkasa India (ISRO).

Baca Juga :   Satelit SATRIA -1 Resmi Diluncurkan Menuju Orbit dari Florida

“Kedua aspek tersebut menjadi pertimbangan kuat bagi kami berkolaborasi dengan Elena. Melalui momentum ini, kami juga akan memaksimalkan untuk alih teknologi sehingga kedepannya Indonesia bisa menghasilkan sistem Positioning, Navigation dan Timing (PNT) berbasis satelit sendiri,” kata Adi Rahman.

Kerja sama ini nantinya akan ditujukan pada sektor jasa transportasi, navigasi udara dan laut serta pertahanan. Dengan mengaplikasikan navigasi satelit di Indonesia, maka semua sektor yang memerlukan dan menggunakan PNT akan mendapatkan kemudahan dalam menentukan posisi, kecepatan, arah, dan ketepatan waktu secara akurat sehingga menciptakan ketepatan dan efisiensi yang tinggi.

“Bersama Elena, kami akan mendalami program perencanaan secara komprehensif dan memetakan potensi kolaborasi dalam pembuatan sistem Positioning, Navigation dan Timing (PNT) Indonesia dan pasarnya sehingga dapat diserap dengan baik saat diluncurkan ke pasar,” ucap Adi Rahman.

Leave a reply

Iconomics