Astra Umumkan 9 Pemenang Astranauts 2024, Siapa Saja?

0
25
Reporter: Rommy Yudhistira

PT Astra International Tbk kembali menggelar Astranauts 2024 yang merupakan kompetisi inovasi digital dan konferensi teknologi bagi perusahaan rintisan atau startup dan mahasiswa. Direktur Astra, Santosa mengatakan pihaknya menilai besarnya potensi ekonomi digital di Indonesia yang ada saat ini perlu didorong agar para generasi selanjutnya dapat memiliki inovasi-inovasi digital.

Menurut Santosa, Astra berupaya mencari solusi inovatif yang berasal dari anak muda Indonesia, agar dapat memperkuat ekosistem digital dan teknologi di Tanah Air. Di samping itu, dengan hadirnya Astranauts 2024, para peserta yang berpartisipasi bisa memberikan ragam alternatif pilihan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di era teknologi dan informatika.

“Berbagai perangkat teknologi pun meningkat terlebih tantangan yang kita hadapi di era digital ini semakin kompleks. Mulai dari tren teknologi yang mendisrupsi berbagai lini bisnis hingga tuntutan masyarakat terhadap produk, serta layanan yang lebih personal dan berkelanjutan,” kata Santosa dalam acara Demo Day & Awarding Astranauts 2024 di Menara Astra, Jakarta, Jumat (07/06/2024).

Baca Juga :   Astragraphia Bukukan Laba Bersih Kuartal I-2022 Sebesar Rp16 Miliar

Selain itu, Santosa mengatakan tujuan diselenggarakannya event tahunan tersebut yakni untuk mempertahankan momen pertumbuhan industri digital dan teknologi yang ada di Indonesia. Santosa menjelaskan berdasarkan data Badan Pusat Statistik 2023, hampir separuh penduduk Indonesia berusia di bawah 30 tahun masuk dalam kategori generasi digital native.

“Hal ini sesuai dengan perkiraan nilai ekonomi digital Indonesia yang dapat mencapai US$110 miliar pada tahun 2025, atau meningkat sebesar 34,15% dari dari US$82 miliar pada tahun 2023 lalu,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Santosa turut mengucapkan rasa terima kasih kepada pihak-pihak yang sudah membantu dan mensukseskan Astranauts 2024. Santosa berpesan kepada para finalis untuk berani mencoba solusi-solusi teknologi inovatif yang memberi manfaat bagi masyarakat Indonesia.

“Gunakan kesempatan ini untuk belajar dan mengembangkan diri, mari kita bersama-sama membangun masa depan digital yang lebih baik untuk hari ini dan masa depan Indonesia,” tuturnya.

Berikut daftar pemenang Astranauts 2024

Kategori Startup

Juara 1: FishGo
Juara 2: Akar
Juara 3: 3Dpint.ID

Baca Juga :   Lewat SATU Indonesia Awards ke-11, Astra Cari Milenial Terbaik Indonesia

Kategori Mahasiswa

Juara 1: MooApps
Juara 2: Include Technology
Juara 3: Komib.id

Kategori Business Challenge

Juara 1: AssetFindr
Juara 2: Mine-Eye Gama
Juara 3: S.2.R.E.

Leave a reply

Iconomics