Baznas Kirim Bantuan untuk Palestina

0
182

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) akan mengirim bantuan untuk warga Palestina. Bantuan tersebut merupakan tahap pertama yang akan dikirim melalui jalur Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI.

BAZNAS berencana menggunakan dua jalur untuk mengirimkan bantuan kemanusiaan kepada warga Palestina.

Bantuan yang tahap pertama ini berupa makanan, obat-obatan serta kebutuhan dasar yang sangat dibutuhkan bagi warga Palestina seperti popok dan pembalut.

Dengan rincian, 3000 paket makanan, 1000 alat bantu disabilitas, 1500 paket musim dingin, 1500 family kit, serta 3000 hygiene kit.

“BAZNAS memberikan apresiasi kepada para mitra antara lain Laznas Yakesma, Inisiatif Zakat Indonesia (IZI), Zakat Sukses, Rumah Zakat, Laznas Rabbani, PT Paragon Indonesia, serta mitra lainnya,” kata Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Saidah Sakwan, MA., saat melepas truk bantuan dari halaman kantor BAZNAS RI di Jalan Matraman Raya No. 134 Jakarta.

Menurutnya, ini adalah program kemanusiaan bersama antara BAZNAS seluruh Indonesia dan Lembaga Amil Zakat (LAZ) baik di pusat, provinsi maupun kabupaten kota, dan pihak korporasi.

Baca Juga :   Pasca Serangan Israel ke Damaskus, Kemlu Sebut Tidak Ada WNI di Israel dan Iran yang Terdampak

“Ini adalah panggilan kemanusiaan. Kami berharap bisa membawa harapan bagi masyarakat Gaza yang hancur karena perang akibat agresi militer Israel,” ujarnya.

Bantuan tersebut rencananya akan dikirimkan menggunakan pesawat Hercules milik TNI AU dari Bandara Udara Halim Perdana Kusuma Jakarta dan akan dilepas oleh Presiden RI Joko Widodo pada Sabtu (4/11/2023).

“Bantuan yang kami kumpulkan ini menjadi bagian dari bantuan Pemerintah Indonesia yang dikelola oleh Kemlu RI,” ujarnya.

Saidah mengatakan rencananya pada minggu ketiga November, BAZNAS juga mendistribusikan bantuan tahap selanjutnya melalui jalur Rafah, Mesir yang berkoordinasi dengan Kedutaan Besar RI di Kairo dan Palang Merah Mesir.

“Kami akan membawa bantuan sendiri untuk pemenuhan kebutuhan obat-obatan dan alat kesehatan,” imbuhnya.

Leave a reply

Iconomics