Server Pusat Data Nasional Sementara Down, Simak Progres Pemulihannya

0
59

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyampaikan bahwa langkah-langkah pemulihan Pusat Data Nasional Sementera terus dilakukan.

Dirjen APTIKA Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan menyampaikan beberapa perkembangan antara lain sebagian layanan keimigrasian seperti paspor, visa, izin tinggal, dan perlintasan sudah mulai kembali beroperasi. Sebagian layanan imigrasi melalui ⁠Autogate di Bandara Soekarno Hatta telah kembali beroperasi secara bertahap. Sedangkan layanan Autogate di bandara lain masih terus diupayakan pemulihannya. Ia juga menyampaikan agar proses keimigrasian dapat terus berjalan, layanan kombinasi dengan verifikasi manual masih dilakukan.

Kominfo terus melakukan upaya-upaya pemulihan secepat-cepatnya, dengan tetap memperhatikan aspek kehati-hatian dan mengutamakan kepentingan publik ataupun pengguna layanan.

Upaya-upaya tersebut dilakukan secara intensif bersama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Kepolisian RI (Polri), Kementerian/Lembaga terkait, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk dan mitra penyelenggara lainnya.

Dalam hal layanan keimigrasian, Kementerian Kominfo bekerja bersama dengan Ditjen Imigrasi, Kementerian Hukum dan HAM.

Pada 20 Juni lalu, Menteri Kominfo, Budi Arie Setiadi menjelaskan bahwa gangguan yang terjadi pada Pusat Data Nasional Sementara yang dikelola Kementerian Kominfo mengakibatkan terganggunya beberapa aplikasi layanan nasional yang terintegrasi.
Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 mengalami gangguan sejak sejak 20 Juni 2024.

Baca Juga :   Menteri Johnny Imbau Penggunaan Jaringan Telko untuk Kepentingan Prioritas di Masa Pemulihan SKKL Merauke-Timika

Pusat Data Nasional yang digunakan bersama kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah merupakan Pusat Data Nasional Sementara berbasis cloud. Penyediaan Pusat Data Nasional Sementara merupakan amanat dari Peraturan Presiden Nomor 132 Tahun 2022 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Lewat Pusat Data Nasional Sementara diharapkan proses migrasi data center dari instansi pemerintah sudah bisa berjalan secara bertahap.

Proses pembangunan Pusat Data Nasional pertama di Cikarang Jawa Barat tengah berlangsung dan diharapkan bisa selesai pada tahun ini. Pemerintah merencanakan akan membangun Pusat Data Nasional di Batam dan Ibu Kota Nusantara.

Terjadinya gangguan tersebut, Kementerian Kominfo berjanji akan menginformasikan secara berkala setiap perkembangan pemulihan PDNS 2.

Leave a reply

Iconomics