PSN Senilai Rp 554 T Ditargetkan Rampung di 2024, Begini Langkah Pemerintah Wujudkan Hal Itu

0
16
Reporter: Rommy Yudhistira

Pemerintah menargetkan 41 proyek strategis nasional (PSN) senilai Rp 554 triliun bisa rampung pada 2024 ini. Untuk mencapai target tersebut, pemerintah membahas mengenai beberapa isu strategis yang membutuhkan dukungan dari pemangku kepentingan.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah mengupayakan percepatan pelaksanaan PSN melalui perizinan, penyiapan lahan, pembiayaan, dan konstruksi pembangunan infrastruktur.

“Saya berharap dukungan dan komitmen yang kuat dari seluruh pemangku kepentingan, agar PSN dapat diselesaikan tepat waktu sebagaimana target yang telah ditetapkan,” kata Airlangga dalam Rapat Kerja Nasional untuk PSN di Hotel Park Hyatt, Jakarta, Selasa (14/5).

Untuk mewujudkan hal itu, kata Airlangga, pemerintah terus berupaya menjaga stabilitas perekonomian nasional melalui pertumbuhan ekonomi yang berada di kisaran 6%-7%. Hal itu dilakukan untuk mencapai target sebagai negara pendapatan tinggi yang merupakan salah satu syarat untuk mewujudkan visi Indonesia emas 2045.

Dalam kurun waktu 8 tahun terakhir, kata Airlangga, pemerintah fokus terhadap pengembangan penyediaan infrastruktur yang dilakukan secara merata di berbagai wilayah nasional. Melalui PSN, pemerintah berupaya mendorong berbagai sektor penunjang seperti ketahanan energi, kedaulatan pangan, dan hilirisasi industri.

Baca Juga :   Mau Panen Raya, Pemerintah Yakin Stok Beras Cukup

Secara keseluruhan, kata Airlangga, pemerintah telah membangun sebanyak 198 proyek yang telah rampung, 32 proyek dan 10 program beroperasi sebagai, 44 proyek dan 3 program dalam tahap konstruksi. Pengerjaan proyek dilakukan dalam kurun waktu 2016-2024, dengan estimasi mampu menghasilkan dampak terhadap perekonomian hingga mencapai Rp 3.344 triliun, dan menyerap tenaga kerja hingga 2,71 juta orang.

”Infrastruktur terus menjadi sebuah fokus dalam pembangunan nasional. Relevansi dan urgensi infrastruktur juga ada dalam RPJMN,” katanya.

 

Leave a reply

Iconomics