Sektor Jasa Keuangan Prioritaskan GenAI, Apa Kata IBM?

0
21

Advisia Group, yang mewakili IBM dan Kolaborasi Riset dan Inovasi Industri Kecerdasan Artifisial (KORIKA) mengungkap temuan prioritas dan pemanfaatan generative artificial intelligence (GenAI) pada layanan jasa keuangan.

Temuan dalam studi “Generative AI: Mempersiapkan Masa Depan Ekosistem Bisnis Di Indonesia Dengan AI Yang Beretika” ini menunjukkan bahwa layanan keuangan  mulai memprioritaskan penggunaan AI dalam lebih banyak fungsi organisasi, seperti pengalaman nasabah (100%), deteksi fraud (23%) dan pemrosesan pinjaman (10%), dengan menggunakan chatbot, dashboard, dan aplikasi elektronik yang lebih ramah pelanggan.

“GenAI memiliki potensi untuk membuka sekitar US$243,5 miliar kapasitas produktivitas di Indonesia. Jumlah ini setara dengan hampir seperlima dari PDB Indonesia pada tahun 2022. Indonesia berpeluang untuk lebih memajukan bisnis dan pekerjanya untuk memanfaatkan potensi Kecerdasan Buatan Generatif,” kata Prof. Hammam Riza, Presiden KORIKA dalam keterangannya.

“AI Generatif akan membawa banyak dampak positif pada bisnis, mulai dari cara pengambilan keputusan, pengalaman nasabah, hingga pertumbuhan pendapatan. Tetapi, fokusnya tetap pada keahlian sumber daya manusia untuk penggunaan AI yang baik,” kata Presiden Direktur, IBM Indonesia, Roy Kosasih.

Baca Juga :   Asbisindo: 3 Cara Bank Syariah Tingkatkan Kontribusi kepada Perekonomian Nasional

“Kami yakin pendekatan interdisipliner, yaitu sebuah model yang menunjukkan hubungan timbal balik antara masyarakat, pengguna, dan pengembangan AI, akan memberikan hal yang positif melalui kemitraan manusia-AI,” lanjutnya.

IBM mengembangkan model yang bisa memberikan hubungan timbal balik antara manusia dan AI dengan mengadopsi pendekatan “human-in-the-loop“, yang berarti melibatkan manusia dalam semua tahapan proses pengembangan kemampuan canggih AI.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan pengalaman pelanggan, dan mendorong pertumbuhan lintas fungsi dengan pemakaian watsonx yang menyediakan toolkit yang kuat untuk meningkatkan dampak AI dan memanfaatkan data yang tepercaya. watsonx sendiri memiliki arsitektur yang terbuka, solusi yang telah ditargetkan, komitmen terhadap transparansi, dan kemampuan untuk memberdayakan pengguna AI untuk menjadi pencipta nilai, bukan sebaliknya.

Leave a reply

Iconomics