PTPP Tuntaskan Proyek Rehabilitasi dan Rekonstruksi Sistem Irigasi Senilai Rp256 Miliar

0
18
Reporter: Rommy Yudhistira

PT PP (Persero) telah menyelesaikan proyek rehabilitasi dan rekonstruksi sistem irigasi Gumbala paket 3 yang berlokasi di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. Proyek pasca-gempa Palu tersebut memiliki nilai kontrak senilai Rp256 miliar dengan sumber dana yang berasal dari Asian Development Bank (ADB).

Direktur Utama PT PP (Persero) Tbk, Novel Arsyad mengatakan pelaksanaan konstruksi infrastruktur tersebut dilakukan mulai dari 30 Desember 2021 hingga 30 November 2023 atau selama 457 hari. Sementara itu, Novel mengatakan rehabilitasi sistem irigasi Gumbasa dan saluran sekundernya rencananya akan dibangun oleh sub-proyek irigasi Gumbasa.

Berdasarkan perencanaan yang sudah dilakukan, Novel mengatakan debit sistem irigasi Gumbasa sebesar 13,98 m3 per detik. Khusus untuk proyek paket 3, sistem irigasi direncanakan untuk mengairi daerah potensial seluas 2.458 hektare dengan jangkauan 12 desa di Kecamatan Dolo dan Kecamatan Sigi Kota.

“PTPP bangga dapat menuntaskan pekerjaan rehabilitasi dan rekonstruksi sistem irigasi paket 3 gumbasa sesuai dengan standar kualitas, mutu, target, dan tetap memperhatikan safety dalam pengerjaan,” ujarnya.

Baca Juga :   Ini Pendapat AAJI Ketika Kejagung Blokir Rekening Efek Anggotanya

Selain itu, Novel mengatakan proyek tersebut juga menjadi salah satu portofolio PT PP yang dinilai berhasil dalam membangun infrastruktur air yakni sistem irigasi.

“Keberhasilan ini tentunya sejalan dengan tujuan Pemerintah Indonesia dalam mendukung pertumbuhan infrastruktur air, ketahanan pangan dan meningkatkan keberlangsungan (sustainability), demi kesejahteraan petani dan masyarakat Indonesia,” ujar Novel.

Leave a reply

Iconomics