Traktor Nusantara Luncurkan Forklift Elektrik Terbaru di Forklift Exhibition 2024

0
35

Anak usaha PT Astra International Tbk [ASSI], PT Traktor Nusantara meluncurkan forklift elektrik terbaru pada acara Forklift Exhibition 2024. Acara tahunan ini merupakan bagian dari Indonesia International Auto Parts Accessories & Equip Exhibition (INAPA) yang diselenggarakan oleh PT GEM Indonesia di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, pada 15-17 Mei 2024.

Kepala Divisi Penjualan & Pemasaran Material Handling PT Traktor Nusantara, Sri Mahendra mengatakan forklift elektrik terbaru yaitu 60-8 FBN Series sudah dilengkapi dengan Lithium Ion Battery yang terinstal di dalam unit sehingga customer sudah tidak perlu menggunakan baterai cadangan lagi.

Lithium Ion Battery pada Forklift 60-8 FBN Series ini, kata Mahendra, memiliki life cycle tiga kali lebih lama dibandingkan baterai litesit.

“Sistem pengecasannya pun sudah menggunakan fast charging. Jadi 4 kali lebih cepat dari baterai litesit,” ujar Mahendra saat ditemui di Booth PT Traktor Nusantara di Hall D2 Booth D2C2-01, Rabu (15/5).

Untuk lama pengisian daya (charging), menurut Mahendra, sekitar 2 jam hingga 2,5 jam mulai dari titik terendah hingga 100%. Bila daya terisi 100%, lama penggunaan atau operation time bisa mencapai 6 jam hingga 8 jam tergantung tingkat opersional customer.

“Keuntungan dari pemakaian forklift dengan baterai lithium adalah dia diutungkan dengan opportunity charging. Jadi, saat operator istrahat, dia boleh dicas. Misalnya jam istrahat makan siang dicas atau pada saat operator ke toilet dia bisa dicas, sehingga membantu memperpanjang operation time dari forklift itu sendiri,” ujarnya.

Baca Juga :   United Tractors Bersama UGM Kembangkan Traktor Listrik

Forklift 60-8 FBN Series ini mampu mengangkat beban seberat 2,5 ton, dengan ketinggian 3 meter hingga 6 meter. Harga yang ditawarkan bervariasi mulai dari sekitar Rp500 juta hingga Rp600 juta lebih.

Selain ramah lingkungan karena menggunakan baterai, Forklift 60-8 FBN Series ini juga dilengkapi dengan fitur SEnS+ dan I-Site.

“SEnS+ merupakan sebuah kamera pintar yang bisa mendekteksi halangan-halangan yang dilalui forklift baik itu benda mati maupun benda bergerak seperti manusia. Jadi, dia bisa melakukan otomatisasi pengereman sampai unit itu berhenti sehingga secara tidak langsung dia juga bisa menekan angka kecelakaan kerja,” jelas Mahendra.

Fitur I-Site memungkinkan pemantauan kondisi unit secara daring melalui dashboard. Dengan I-Site, pengguna dapat mendeteksi status baterai, benturan yang terjadi, dan efisiensi penggunaan unit, yang sangat berguna untuk meningkatkan produktivitas dan keselamatan operasional forklift.

Selain 60-8FBN Series, PT Traktor Nusantara juga menampilkan berbagai seri produk lainnya pada acara Forklift Exhibition 2024, seperti Toyota Forklift, BT, dan Raymond, termasuk 8FBE Series dengan fitur SEnS+, RRE180H2, Raymond 7720, 8FBR Series, LWE200, LHM230, LHE150, 8FBMT50, dan 8FBN Series.

Baca Juga :   United Tractors Bersama UGM Kembangkan Traktor Listrik

“Dengan kehadiran produk baru dan juga produk-produk lainnya yang kami tampilkan di sini serta promo-promo yang kita berikan, kita mendorong peningkatan market sales yang saat ini ada,” ujar Mahendra.

Leave a reply

Iconomics