Nielsen Media Indonesia: Gen Z Konsumen dan Pengguna Internet Terbesar

0
6054

Gen Z disebut menjadi generasi yang paling banyak menguasai teknologi internet dan digital. Generasi yang disebut Pew Research penerus generasi milenial itu juga menjadi konsumen terbesar dibanding generasi lain.

“Kehidupan virtual dan non-virtual dinilai sudah sama saja. Karena itu, mereka menghabiskan banyak waktunya di internet (online),” kata Executive Director Nielsen Media (Indonesia) Hellen Katherina dalam sebuah diskusi, Rabu (11/11).

Hellen mengatakan, Gen Z menguasai 30% dari populasi di 11 kota besar di Indonesia. Dan generasi ini disebut paling ambisius dan melek teknologi.

Soal ini, kata Hellen, tercermin dari penggunaan telepon genggam pintar yang menjadi wajib bagi generasi Z. Semakin muda umu Gen Z, maka kepemilikan telepon genggam pintar semakin tinggi.

“Dan smartphone itu umumnya (86%) digunakan untuk belajar online dan main games. Dua hal ini paling menggambarkan Gen Z. Selain itu, smartphone digunakan untuk blogging, job hunting dan access video content,” kata Hellen.

Hellen juga memaparkan tentang gaya hidup Gen Z. Di samping pengguna teknologi internet terbesar, mereka juga melakukan belanja online, menerbitkan komentar mereka dalam ulasan online, mencari produk ulasan secara online sebelum membeli produk dan menonton iklan online.

Baca Juga :   Televisi Masih Mendominasi, Nielsen Mencatat 7% Peningkatan Belanja Iklan Semester Pertama 2022

“Ada juga yang tidak mereka suka. Misalnya, terikat kepada nilai-nilai tradisional, berada di rumah dan menghabiskan waktu untuk mendekorasi serta hidup monoton/berpola,” kata Hellen.

 

Leave a reply

Iconomics