Pendapatan Premi Asuransi Umum Tumbuh 10,1% Hingga September 2023

0
157

Pendapatan premi asuransi umum di Indonesia tumbuh positif hingga September 2023, seiring dengan ekonomi Indonesia yang juga tumbuh positif.

Data Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI menunjukkan total pendapatan premi industri asuransi umum pada periode Januari-September 2023 sebesar Rp73,5 triliun, naik 10,1% year on year (yoy), dari Rp66,8 triliun pada periode yang sama tahun lalu.

Meski secara umum tumbuh,  ada 3 lini usaha yang pertumbuhan preminya mengalami kontraksi yaitu lini usaha Asuransi Energy Off Shore, Asuransi Properti, dan Asuransi Satelit.

Sedangkan lini usaha lainnya tercatat tumbuh positif dibandingkan periode yang sama di tahun 2022. Pertumbuhan premi tertinggi terjadi pada lini usaha Asuransi Engineering, Surety Ship dan Personal Accident.

AAUI juga melaporkan pembayaran klaim industri asuransi umum pada Januari-September 2023 mengalami pertumbuhan sebanyak 12,2% dari periode yang sama di tahun 2022. Jumlah total klaim yang telah dibayarkan pada periode ini adalah sebesar Rp30,7 triliun, dibandingkan tahun lalu yang hanya Rp27,4 triliun

Pertumbuhan klaim terjadi  pada mayoritas lini usaha, namun ada juga 6 lini usaha yang mencatatkan adanya penurunan pembayaran klaim pada periode ini, diantaranya Asuransi Property, Asuransi Aviation, Asuransi Energy On Shore, Asuransi Energy Off Shore, Asuransi Surety Ship, dan Asuransi Aneka. Claim Ratio pada periode terjadi pertumbuhan sebesar 41,8%, jika dibandingkan dengan Triwulan-III 2023 yang hanya tercatat 41%.

Baca Juga :   Allianz Indonesia Suntik Semangat Para Pemasar untuk Agresif Menggarap Pasar Indonesia

Pangsa Pasar perolehan premi hingga September 2023 masih didominasi paling besar oleh Asuransi Property, kemudian disusul dengan lini usaha kendaraan bermotor yang juga masih terus mendominasi pangsa pasar industri asuransi umum dengan jumlah proporsi kedua lini usaha ini mencapai 45,1% dari perolehan pencatatan premi Industri Asuransi Umum. Pangsa pasar terbesar selanjutnya diisi oleh Asuransi Kredit dan Asuransi Kesehatan yang mana Asuransi Kredit dengan proposi sebesar 18,8% dan Asuransi Kesehatan 7,2%.

AAUI juga melaporkan pendapatan premi Reasuransi Umum pada Triwulan III 2023. Perolehan premi dari Reasuransi Umum mengalami pertumbuhan positif sebanyak 6,5% jika dibandingkan pada periode yang sama di tahun sebelumnya. Premi Reasuransi Umum ini tercatat membukukan perolehan premi sebesar Rp15,6 triliun. Sedangkan pada tahun sebelumnya premi yang dicatat hanya sebesar Rp14,6 triliun.

Sedangkan pada pencatatan kewajiab pembayaran klaim, Reasuransi Umum juga mengalami kenaikan klaim sebesar 2,5%. Klaim terjadi hampir di setiap lini usaha, namun ada 6 lini usaha yang mengalami penurunan klaim diantaranya Asuransi Property, Aviation, Energy Off Shore, Energy On Shore, Surety Ship dan Asuransi Aneka. Total klaim yang dibayarkan oleh Reasuransi pada periode ini adalah Rp5,9 triliun, dibandingkan sebelumnya yang hanya Rp5,7 triliun.

Leave a reply

Iconomics