Tungku Smelter PT ITSS di Kawasan IMIP Kembali Meledak, Serikat Buruh Minta Audit Menyeluruh

0
61
Reporter: Rommy Yudhistira

Tungku smelter nikel milik PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) kembali meledak dan mengakibatkan 2 orang buruh/pekerja menjadi korban. Kejadian ledakan tersebut terulang kembali setelah tragedi yang terjadi pada 24 Desember 2023 yang menelan korban jiwa dan luka-luka.

Ketua Serikat Buruh Industri Pertambangan dan Energi (SBIPE) IMIP Morowali Henry mengatakan, pihaknya menyayangkan terjadinya ledakan pada 13 Juni 2024 pukul 22.00 WITA. “Kedua korban saat ini dalam penanganan kesehatan di rumah sakit Bungku Kabupaten Morowali, Provinsi Sulawesi Tengah,” kata Henry dalam keterangan resminya pada Jumat (14/6).

Karena kejadian itu, kata Henry, pihaknya meminta seluruh yang berwenang untuk mengaudit secara menyeluruh melalui tim independen yang melibatkan serikat buruh agar sesuai dengan komitmen yang disampaikan pada tragedi ITSS Desember 2023.

“Hal ini menunjukkan tidak ada perbaikan yang berarti dilakukan oleh PT ITSS untuk mencegah kecelakaan kerja dan perlindungan terhadap buruh sehingga kecelakaan yang sama terulang kembali di bagian dan tempat yang sama,” ujar Henry lagi.

Baca Juga :   Restorative Justice Cara Kembalikan Aset Korban Pidana Asuransi dan Investasi Bodong?

Karena itu, Henry mendesak perusahaan untuk bertanggung jawab atas kejadian tersebut, dan memastikan penanganan yang baik terhadap korban termasuk pemenuhan seluruh hak-haknya.

“Kami juga menyampaikan bahwa korban tragedi ITTS pada 2023 masih belum tuntas ditangani perusahaan dan kami sedang mendampingi para korban untuk memastikan dipenuhinya hak mereka yang sampai saat ini masih belum terpenuhi pihak perusahaan,” katanya.

Untuk diketahui, ledakan tungku yang sama pada 24 Desember 2023 menelan korban hingga 51 orang, dari luka-luka hingga korban jiwa. Diduga sisa cairan yang menggumpal dari ledakan tersebut kini menjadi penyebab terulangnya peristiwa yang sama.

 

Leave a reply

Iconomics